Aman, Izin Urus Sendiri

Aman, Izin Urus Sendiri

BERBAGI:

RBO, BENTENG – Sebagai upaya menghindari praktik percaloan dalam pengurusan dan penerbitan perizinan, maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) meminta warga yang ingin mengurus perizinan dilakukan sendiri tanpa meminta orang lain untuk menguruskan. Apalagi proses penerbitan perizinan tidak begitu sulit.

“Pegurusan izin sudah memiliki SOP. Jaminan kepastian juga kami berikan. Baik kepastian hukum, biaya maupun waktu. Sebab itu kami imbau mengurus sendiri dan jangan meminta orang lain untuk menguruskan. Khawatir kami jika mengajukan orang lain, maka akan dikenakan biaya lebih atau dikenal praktik calo. Padahal setiap kegiatan penerbitan izin sudah ada biaya standar, tidak lebih dan tidak kurang,” kata Kabid Penyelenggaraan Perizinan, M. Hasyim.

Dia juga menjelaskan, tidak semua perizinan yang diterbitkan oleh DPMPTSP berbiaya. Ada beberapa izin yang memang gratis alias tidak berbayar.

“HO, Perikanan dan IMB ada standar biaya yang dikenakan. Selain itu beberapa perizinan juga gratis sebagai pelayanan dari Pemda Benteng. Nah, kami harap bagi yang ingin mengurus maka lakukanlah sendiri. Kemudian terkait biaya, semuanya dilakukan di bank. Tidak tunai di dinas,” kata Hasyim. Hingga Mei 2017, DPMPSTP telah menerbitkan 346 surat izin. (tan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

three × four =