Prihatin Longsor Lebong, Senator Beri Bantuan

Prihatin Longsor Lebong, Senator Beri Bantuan

BERBAGI
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Dua orang senator asal Provinsi Bengkulu, Riri Damayanti John Latief S.PSi dan H. M Saleh SE, menyalurkan bantuan untuk korban longsor di Kabupaten Lebong. Riri Damayanti John Latief mengungkapkan, bantuan yang diberikan kepada para korban berupa 380 sak semen dan 8 kodi seng. Bantuan ini, merupakan dana yang terhimpun dari gaji para senator yang dipotong setiap bulannya.

“Saya mewakili Senator lainnya mengucapkan turut berduka cita dan berbelasungkawa kepada para korban. Semoga kejadian ini memberikan kita hikmah dan kemampuan untuk mengantisipasi agar ke depan tidak ada lagi korban jiwa dalam bencana di Lebong ini,” ungkap Riri Damayanti.

Sementara itu, mantan Ketua DPD RI, H. M Saleh, menambahkan, pihaknya berharap agar bantuan ini bisa meringankan beban korban bencana. Ia berkomitmen untuk menambahkan dana bantuan yang disalurkan saat ini dari dana pribadi yang dia miliki.     “Ini bantuan sukarela dari kami yang berasal dari dana pribadi,” tambahnya.

Adapun Camat Lebong Selatan, Yasir, menyatakan rasa terimakasihnya kepada Riri Damayanti dan M Saleh serta seluruh senator lainnya yang telah ikut andil mengurangi beban para korban yang tertimpa bencana longsor. “Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuannya,” katanya.

Dan  Kepala Desa Sukasari, Luker, dia berharap kepada para Senator untuk dapat meneruskan kepada Kepala Daerah perihal pemindahan lahan bangunan milik korban longsor seluas 3 hektar.

“Jika tidak dipindah nampaknya akan sulit untuk membangun di kawasan bekas longsor. Jadi tolong bantu sampaikan kepada pemerintah kabupaten agar memberi kebijakan atas kebingungan kami ini,” harapnya.

Mendengar hal ini, Riri Damayanti berharap kepada pihak Pemerintah Kabupaten Lebong melalui perangkat pemerintah yang hadir saat itu untuk dapat mengakomodir permintaan warga.

“Bilamana Pemkab Lebong tidak mampu mengakomodir keseluruhannya, harus ada solusi terkait pembebasan lahan itu. Kita harus berempati. Tidak mudah mengalami derita yang dialami oleh para korban,” tutup senator termuda RI tersebut.

Untuk diketahui, Kabupaten Lebong mengalami musibah bencana alam tanah longsor dan banjir terjadi, Kamis (4/5/2017) lalu.

Sebanyak lima desa terkena dampak bencana alam tanah longsor dan banjir, yaitu Desa Sukasari, Kota Donok, Talang Ratu, Talang Kodok dan Suka Negeri.

Desa Sukasari merupakan desa yang mengalami kerusakan paling parah. Yaitu 17 rumah rusak ringan dan berat, di Desa Talang Donok dengan 4 rumah. Sedangkan Desa Suka Negeri 1 rumah. (idn)