BI Sebarkan Uang Rp 1,85 Triliun

BI Sebarkan Uang Rp 1,85 Triliun

BERBAGI:

Keren, Pemuda Mukomuko Terbiasa Transaksi Online

RBO, BENGKULU –Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Bengkulu menyiapkan uang Rp 1,85 Triliun untuk diedarkan selama Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Penukaran uang pecahan kecil untuk THR sudah bisa dilakukan pada setiap bank dan di kas keliling BI.

“Uangnya sudah kita suply ke bank – bank. Dari Rp 1,85 T itu sudah kita edarkan tidak kurang dari Rp 980 Miliar. Permintaan pecahan uang logam cukup tinggi. Kemudian juga uang pecahan Rp 1.000 hingga Rp 20 ribu permintaannya juga tinggi. Hal seperti ini biasa terjadi karena inilah ciri khas menyambut hari raya,” terang Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra kemarin (2/6).

Endang menambahkan, uang yang disiapkan BI ada juga uang tahun emisi 2016 (uang NKRI) dan uang lama. Namun semua uang yang dipersiapkan kondisinya baru dan masih sangat layak edar. “Untuk melayani masyarakat kita sudah siapkan jadwal. Yakni 12 – 18 Juni untuk penukaran uang di View Tower,” katanya.

Mukomuko Hebat

Penggunaan kartu kredit di Provinsi Bengkulu meningkat. Terkhusus peningkatan tersebut terjadi di Kabupaten Mukomuko.
“Untuk Provinsi Bengkulu penggunaan kartu kredit masih 5 persen dari jumlah penduduk. Namun untuk di Provinsi Bengkulu pertumbuhan penggunaan kartu kreditnya tertinggi ada di Kabupaten Mukomuko. Pertumbuhan ini disebabkan karena daerah mereka yang sedikit jauh dari ibukota. Oleh karena itu para remaja, pemuda dan pegawai mudanya rutin bertransaksi online dalam berbelanja. Misalkan saja mereka beli sepatu, baju dan kebutuhan lain via online. Pertumbuhan disana jadi kejutan bagi kita dan keren, karena masyarakat disana ternyata mulai terbiasa dengan nontunai dan juga ini bukti efek ekonomi digital,” katanya.

Disisi lain Endang juga menerangkan bahwa per taggal 2 Juni 2017 suku bunga kartu kredit perbulan turun. Tadinya 2,95 turun jadi maksimum 2,25 persen. “Turunnya suku bunga kartu kredit ini menguntungkan konsumen dan pihak bank,” terangnya. (ae2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

10 − five =