Distribusi LPG 3 Kg, Pertamina Surati Kades

Distribusi LPG 3 Kg, Pertamina Surati Kades

BERBAGI
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Dalam rangka mengantisipasi aksi penimbuan yang dilakukan oknum tertentu PT Pertamina (Persero) mengajak perangkat desa dan kelurahan di Bengkulu berperan serta mengawasi rantai distribusi elpiji tiga kg, sehingga dapat menekan potensi penimbunan komoditas bersubsidi tersebut, utamanya pada Ramadan dan Lebaran 2017.

Sales Executive LPG Pertamina Rayon Jambi dan Bengkulu, Parama Ramadhan Amyjaya mengatakan, pihaknya sudah menyurati perangkat desa dan kelurahan untuk mengantisipasi gas Tiga Kg di daeranya masing masing. “Jadi, kami sudah berkomunikasi dengan lurah dan kepala desa. Bagi daerah yang memiliki pangkalan elpiji, kami minta untuk pantau aktivitas bongkar muatnya,” ungkap Parama Ramadhan.

Setiap distribusi dari agen ke pangkalan harus dibongkar dengan sepengetahuan kelurahan setempat. Begitu juga data distribusi penjualan ke masyarakat.

“Jadi, rantai distribusi semakin transparan. Tidak ada yang tanpa pengawasan. Kami yakin penimbunan elpiji tidak terjadi pada Ramadan ini, bahkan bulan-bulan di luar Ramadan juga,” katanya.

Pertamina juga memastikan pasokan elpiji untuk Provinsi Bengkulu tidak mengalami kendala. Bahkan didistribusikan jauh lebih besar dari kebutuhan.

Kebutuhan elpiji setiap harinya yakni 11-12 ton elpiji. Sementara Pertamina menyiapkan sebanyak 14-15 ton per hari, baik subsidi maupun nonsubsidi.

“Kami sediakan lebih banyak dari kebutuhan. Untuk subsidi sebanyak 9-10 persen di atas kuota, sementara nonsubsidi tujuh persen,” tutupnya. (idn)