Waspada Konsumsi Kerupuk Merah Karena Tidak Aman

Waspada Konsumsi Kerupuk Merah Karena Tidak Aman

BERBAGI:

RBO, CURUP – Disperindag Rejang lebong Provinsi Bengkulu mengimbau agar masyarakat untuk sementara waktu tidak mengkonsumsi kerupuk merah. Karena berdasarkan hasil sidak yang dilakukan tim BPOM Bengkulu disejumlah pedagang khususnya pedagang kuliner yang menjajaki menu buka puasa di pasar ramadan ditemukan kerupuk merah mengandung bahan pewarna tekstil atau dikenal dengan kandungan Rhodamin B.

“Jadi dari sembilan sampel kerupuk merah yang kami ambil hari ini semuanya positif mengandung Rodamin B,” ujar Sabirin, SE, Kadisperindag RL.

Ia menambahkan, pihak BPOM Bengkulu telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat tidak mengkonsumsi kerupuk merah tersebut. Karena dalam kerupuk merah tersebut dicampurkan bahan rhodamin B sejenis pewarna tekstil yang dicampurkan pada saat proes pembuatannya. Bahan tersebut merupakan bahan yang sangat berbahaya jika dikonsumsi secara rutin oleh manusia.”Penggunaan rhodamin B ini cukup membahayakan karena dampakanya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit terutama kanker,” tegasnya.

BPOM juga telah menghimbau kepada seluruh pedagang untuk sementara tidak menggunakan kerupuk merah terlebih dahulu. Kedepan, diakuinya bahwa pihaknya bersama pihak Disperindag Rejang Lebong akan memantau langsung kepada produsen pembuatan kerupuk merah ini dan menindaknya. Pasalnya pihak Disperindaglah yang memiliki data-data produsen kerupuk merah tersebut.

“Dulu kami juga pernah melakukan penyitaan terkait pembuatan kerupuk merah ini, kemungkinan ini adalah sisa-sisa yang tertinggal dari pemantauan kami. Pada sidak tersebut kami didampingi Kepala Pasar, Perwakilan dari Dinkes Rejang Lebong dan juga perwakilan dari Disperindag Rejang Lebong. Total ada sebanyak 48 sampel yang diambil oleh pihak BPOM kemarin terdiri dari beberapa unsur yaitu kerupuk merah, mie, kolak, minuman-minuman, serta sayur-sayuran juga tidak luput dari pengambilan sampel mereka. Dari 48 Sampel yang sudah kami ambil, semuanya sudah dipastikan aman terkecuali kerupuk merahnya,” tutupnya. (gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

20 − eight =