6 Bulan Honor Perangkat Desa Tak Cair

6 Bulan Honor Perangkat Desa Tak Cair

143
BERBAGI
CPNS
Damar/RBO: Badan Kepegawaian Daerah Rejang Lebong Memberikan sinyal terkait rencana penerimaan formasi CPNS.

Kades Kebingungan

RBO, CURUP –  Mulai dari Januari hingga Juni tahun ini para perangkat desa se Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu belum sama sekali menerima honor atau penghasilan tetap sebagai perangkat Desa. Mulai dari Kepala Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Padahal item keuangan honor perangkat desa tidak sepaket dengan Alokasi Dana Desa meski sama-sama bersumber dari APBD.

Kepala Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Dataran, Andri, dihubungi wartawan, kemarin (05/06), mengaku kebingungan dengan belum ada titik terang terkait honornya selama 6 bulan itu. Padahal kinerja Kades dituntut untuk bekerja secara profesional selama 24 jam tanpa ada jam libur seperti para PNS.

“Itu kami sekarang kebingungan bahkan banyak Kades dari Desa lain juga menghubungi saya menanyakan dan mengeluhkan hal yang sama. Anak istri kami juga perlu makan setiap hari sedangkan kami juga harus bekerja melayani masyarakat selama 24 jam tapi honor tidak kami dapat setiap bulannya,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan, Hariantono, Anggota BPD Desa Muara Telita Kecamatan Padang Ulak Tanding yang resah soal honor perangkat BPD belum juga ada pencairan dari pemerintah daerah. Disisi lain menurut informasi yang dia terima bahwa honor untuk perangkat agama justru sudah cair.

“Inilah yang buat kami aneh, ada apa dengan honor perangkat desa kami dan desa lainnya se Kabupaten Rejang Lebong. Kami pun sampai saat ini tidak tahu kendalanya apa kok, sampai-sampai honor kami belum juga dicairkan oleh bagian Keuangan Pemda Rejang Lebong,” keluhnya.

Apalagi menghadapi bulan puasa saat ini setiap hari kebutuhan keluarga harus terpenuhi namun untuk memenuhinya itu dia mengaku tidak ada sumber pendapatan lain selain dari honor bulanan perangkat Desa.”Jadi kami harap Pemerintah khususnya bagian keuangan dapat segera mempercepat proses pencairan honor kami ini,” pintanya. (gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

one × two =