Mantan Ketua KONI BU Berikan Uang ke PPTK

Mantan Ketua KONI BU Berikan Uang ke PPTK

Dispora Bengkulu Utara
Ronal/RBO: Sidang Korupsi Dispora Bengkulu Utara.
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Persidangan korupsi Dana Pembinaan Persatuan Olahraga Tahun Anggaran 2015 Kabupaten Bengkulu Utara, kemarin Senin (05/06) kembali dilakukan di PN Bengkulu. Agenda persidangan yakni memeriksa kelima terdakwa: Nasarudin Tawakal (mantan Kadis Dispora), Tarson Juri (PPTK), Putera Wagino (Kabid), Susilawati (Bendahara) dan Erwandi (mantan Ketua KONI).

Dalam persidangan berlangsung, Erwandi selaku mantan Ketua KONI membenarkan jika dirinya pernah memberikan uang ke  PPTK  Tarson Juri. Ketika itu dirinya memberikan uang di dalam ruangan mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Nasarudin Tawakal.

“Benar, pak saya memberikan uang di dalam ruangan Kadis,” jawab Erwandi saat menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut Umum Andi Setiawan, SH dalam persidangan. Uang itu diberikan secara tahap selama 5 kali. Sementara itu Bendahara Susilawati yang menjabat PPH (Pejaba Pemeriksa Hasil Perkerjaan.red), mengaku belum pernah memeriksa anggaran proyek tersebut. Sembari bersedih, dirinya mengaku hanya terpaksa melakukan kehendak atasannya.

Sementara itu, mantan Kadispora Nasarudin Tawakal pun melakukan konfrontir atas jawaban Susilawati yang saat ini masih tahanan Kota. “Saya tidak memaksa dia, karena pekerjaan sudah menumpuk. Hingga saya mempercayakan dia,” terang Nasarudin.

Sementara itu, Ketua Majelis Hakim Suryana, SH meminta agar para terdakwa tidak memberikan keterangan palsu dalam persidangan. “Terserah, kalian mau berdalih bagaimana. Namun ingat, ini sudah ada kerugian. Kalian harus bertanggung jawab,” tutup Suryana.

Diketahui anggaran berasal APBD itu, berjumlah Rp 1 miliar. Namun, ada tindakan korupsi yang sudah dihitung oleh hasil audit BPKP sebesar Rp 200.2300.000,-. Namun sebelumnya direncanakan pelaksanaan anggaran, dipotong oleh pengguna anggaran. Dari pemotongan, terdapat persentasi hingga 30 % hingga 15 % yang sudah disepakati. (run)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

eighteen + one =