PAN Izinkan Balon Walikota Survei Sendiri

PAN Izinkan Balon Walikota Survei Sendiri

BERBAGI
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Dalam menentukan siapa Bakal Calon (Balon) Walikota yang akan diusung oleh PAN saat Pilwakot nanti, menurut Wakil Ketua I DPW PAN Provinsi Bengkulu, Dempo Xler S.Ip, mereka mengizinkan bagi kandidat Balon untuk melakukan survei sendiri. Begitu juga dengan Parpol yang akan berkoalisi nanti.

“Siapa yang akan diusung oleh PAN saat Pilwakot nanti, PAN siap mendukung calon darimanapun. Baik dari partai politik lain dan dari eksternal, kami siap mendukung. Nah bagaimana cara penentuan calon tersebut? PAN, kami tidak akan survei. Silakan calon tersebut survei sendiri. Silakan partai lain survei, kami akan lihat perbandingan surveinya. Missal, selama ini Golkar selalu survei, PKS juga selalu survei, kita akan lihat hasil survei itu bersama-sama. Mana yang sama hasil surveinya, itu yang akan kita ikuti. Kenapa demikian? Karena kalau PAN survei sendiri nanti dianggap PAN mengklaim, sebab itu kami ikuti saja. Kemudian soal calon, calon kandidat silakan datang membawa hasil surveinya. Kalau secara resmi insya Allah PAN akan buka pendaftaran pada Bulan Agustus nanti,” ungkap Dempo Xler, Selasa (6/6).

Dan saat ini, PAN sambung Dempo, sudah membentuk yang namanya KPPD untuk di DPD kabupaten/kota dan KPPW untuk di wilayah tingkat provinsi. “Nanti KPPD dan KPPW ini yang akan meramunya. Lalu PAN ini kan punya empat kursi, apa PAN gak rugi? PAN tidak akan rugi. PAN siap tidak mengusung kader. Rugi itu kalau tidak ada manfaat untuk rakyat. Kalau ada manfaat tentu rakyat akan senang. Kami yakin dan optimis, kalau yang diusung adalah yang terbaik. Insya Allah rakyat akan memilih yang terbaik,” jelasnya.

Ketika ditanyai soal isu bahwa suara langit sudah terdengar agar Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu H. Helmi Hasan SE maju kembali dalam Pilwakot mendatang, Dempo menerangkan. Suara langit itu begini. Tolong yang dibumi, maka yang dilangit akan menolongmu. Sayangi yang dibumi, yang dilangit akan menyayangimu. Cintai yang dibumi, yang dilangit akan mencintaimu.

“Nah kalau kita melakukan itu, insya Allah yang dilangit akan menolong kita. Apa cara tuhan menolong kita, dia akan memberikan petunjuk-petunjuk yang baik untuk kita. Kalau menjadi Walikota itu tidak membawa manfaat bagi rakyat, untuk apa PAN mendorong Walikota. Tapi ketika itu punya manfaat, maka PAN akan dorong Walikota. Kami akan mempertimbangkan manfaat dan mudaratnya,” terangnya.

Sebelumnya Dempo juga mengatakan PAN tidak menargetkan calon. PAN tidak menargetkan mendukung A,B,C,D. Tidak menargetkan harus punya Walikota dari PAN. “PAN terbuka. Siapapun yang ingin menjadi Walikota dan Wakil kita siap dukung dengan berbagai komitmen perjuangan. Bagaimana dia, komitmen terhadap kesejahteraan rakyat, peningkatan kesejahteraan honorer, kedua keseimbangan belanja APBD, kemudian kesederhanaan, seperti yang dicontohkan oleh Pak Walikota kita saat ini. Beliau selalu menggunakan mobil yang sederhana. Lalu bagaimana fokus anggaran itu, APBD nya ke pembangunan dan untuk rakyat. Misalnya memastikan air bersih, jalan mulus. Memastikan penerangan, kebersihan.  Karena ini adalah wajah Kota Bengkulu yang harus kita jaga,” pungkasnya. (idn)