Jika Berhasil, Reskan Kasih Uang Rp 200 Juta

Jika Berhasil, Reskan Kasih Uang Rp 200 Juta

BERBAGI

RBO, BENGKULU – Mantan Bupati Bengkulu Selatan, Drs H Reskan Effendi kembali menjalani persidangan, dengan agenda pemeriksaan saksi. Dalam persidangan itu, dihadiri oleh Ahmad Murad  wartawan dan LSM yang juga  terlibat dalam perkara pemufakatan jahat penemuan narkoba di ruangan Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmmud pada tahun yang lalu.
Dalam kesaksian Ahmad Murad, Reskan yang menyuruh ke rumahnya itu, meminta untuk memperkenalkan ke pihak BNNP Bengkulu.
“Pak Reskan manggil saya suruh ke rumahnya, dia bilang ada yang kenal dengan orang BNN gak. Saya bilang ada, dua orang,” terangnya dalam persidangan. Setelah itu, beberapa hari selanjutnya Ahmad Murad menemui Darmawan (Pegawai BNN) bersama Reskan di kawasan Lingkar Barat Kota Bengkulu. Disana, ketiganya mengobrol tentang aksi penggeledahan narkoba.
“Lima menit kemudian, datang Pak Herly juga bersama Sarkawi (Anggota BNN),” terang Ahmad Murad.
Disana Reskan menjanjikan uang sebesar Rp 200 juta, jika aksi itu berhasil. Hingga Sarkawai, Ahmad, dan Darmawan yang sudah janjian itu esoknya membawa sabu dan ekstasi.
“Barang semua sudah dikasihkan dengan Pak Rudi,” singkatnya menjawab pertanyaan Hakim.
Malamnya Herly yang merupakan mantan Kabid Berantas BNNP Bengkulu itu mengajak temuaan di Cafe View Resto, disana Reskan menyerahkan uang sebesar Rp 10 juta. “Memang Pak Reskan memberikan uang Rp 10 juta di resto itu,” pungkas Ahmad menutupi kesaksiannya kemarin Rabu (14/06) di PN Bengkulu. (run)