/Sakit Saat Lebaran Langsung ke IGD

Sakit Saat Lebaran Langsung ke IGD

BPJS Kesehatan Permudah Pelayanan Bagi Peserta Mudik
RBO, CURUP – Menyambut musim mudik lebaran, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Curup Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu ikut andil memberikan program spesial bagi peserta BPJS Kesehatan yang akan melakukan mudik lebaran.
Kepala Unit MPKP BPJS Kesehatan Cabang Curup, Handoko Cokro Putranto, dalam siarang persnya di ruang rapat BPJS, Kamis pagi (15/06), dihadiri awak media massa menjelaskan bahwa pihaknya siap meluncurkan program mudik dengan memberikan kemudahan prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta yang melaksanakan mudik lebaran terhitung mulai tanggal 19 Juni hingga 2 Juli mendatang.
“Jadi bagi peserta yang melakukan perjalanan mudik harus mempersiapkan diri dengan selalu membawa kartu BPJS Kesehatan. Tujuan bila sewaktu-waktu mengalami sakit secara mendadak atau mendapatkan masalah kesehatan selama dalam perjalanan mudik bisa langsung dirawat di rumah sakit terdekat tanpa perlu lagi ada surat rujukan dari Faskes tingkat pertama. Ini merupakan kebijakkan yang kita keluarkan agar peserta dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal,” ujarnya.
Selain itu, selama masa waktu mudik atau libur cuti bersama, bagi peserta BPJS Kesehatan yang tidak melakukan perjalanan mudik lebaran namun pada suatu kondisi mengalami sakit maka tidak perlu mendatangi Faskes tingkat Pertama baik di Puskesmas, Klinik atau pun dokter keluarga.
“Langsung saja ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayaan di IGD rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan kami,” paparnya.
Kemudian, BPJS Kesehatan juga memberikan layanan Care Center kepada masyarakat dengan nomor kontak atau telpon 1500400 baik untuk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh layanan administrasi peserta JKN-KIS serta mengetahui perhitungan denda bisa dilayani mulai hari Senin-Jumat selama masa berlaku mudik.
“Jadi setelah mudik pelayanan kesehatan terhadap peserta kembali normal seperti biasa. Satu hal yang paling penting bahwa kini masyarakat bisa mendownload aplikasi BPJS Kesehatan untuk mendapatkan semua informasi secara mobile di handphone androidnya,” jelasnya.(gol)