Tahapan Pilwakot Resmi Dimulai

Tahapan Pilwakot Resmi Dimulai

BERBAGI
BERBAGI:

Launching Pilkada Serentak 2018

RBO, BENGKULU – Tahapan Pilkada serentak dilaunching besok Jumat 16 Juni 2017. Namun tahapan pelaksanaannya telah dimulai kemarin 14 Juni diawali dengan bimbingan teknis dan sosialisasi.  Sedangkan pencoblosan dilaksanakan 27 Juni tahun 2018 mendatang. Hal ini seperti yang tertuang dalam PKPU nomor 01 tahun 2017 yang telah ditetapkan oleh KPU pusat.
“Tadi malam, kita sudah menerima lima PKPU untuk Pilkada serentak tahun 2018. Dan hari Jumat besok akan dilaksanakan launching secara serentak oleh KPU secara nasional, dan kita yang di daerah mengikuti launching tersebut,” ungkap Ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah S.Pd, M.Si saat ditemui di rumahnya, pagi Rabu (14/6).
Dijelaskan oleh Darlinsyah, berdasarkan PKPU RI nomor 1 tahun 2017, maka sejak hari ini (Selasa-red) mereka sudah mulai melaksanakan tahapan. “Sesuai PKPU RI nomor 1 itu, sejak tanggal 14 Juni, kita melaksanakan tahap sosialisasi kepada masyarakat. Kemudian melaksanakan Bimtek dan penyuluhan, dan sebelumnya memang tahap ini sudah terus secara intensif kami laksanakan di daerah untuk persiapan Pilwakot,” jelasnya.
Selain itu, sebagai acuan landasan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018, dimana itu adalah Pilkada serentak tahap tiga dan ada sebanyak 171 daerah yang melaksanakan Pilkada, maka sudah ada lima PKPU yang diterbitkan.
“Kita untuk persiapan Pilwakot Bengkulu, NPHD nya sudah. Dan dalam pesta demokrasi Pilkada serentak kali ini, kami ingin gaungnya lebih sampai pada masyarakat, sebab itu saat launching nanti, kami akan libatkan seluruh stake holder terkait dan kita umumkan pada masyarakat,” pungkasnya. (idn)