Pemda MM, Polres dan Kodim BU Terjunkan Ratusan Personel

Pemda MM, Polres dan Kodim BU Terjunkan Ratusan Personel

SAM/RBO: Siap Ops Ramadaniya
BERBAGI:

RBO, MUKOMUKO – Untuk mengamankan arus mudik dan hari libur lebaran Idul Fitri 2017, Pemda Mukomuko, Polres Mukomuko dan Kodim 0423 Bengkulu Utara menurunkan ratusan personel.
Personel-personel ini akan disebar di Pos Pengamanan (Pospam) lokasi-lokasi hiburan serta akan melakukan patroli  di sejumlah pemukiman warga di Kabupaten Mukomuko.
Saat dikonfirmasi RBI usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniyah Nala 2017, Kapolres Mukomuko, AKBP Yayat Ruhiyat, S,IK mengatakan, Polres Mukomuko sendiri akan menurunkan sebanyak 100 personel yang akan bekerja sama dengan TNI, Pol-PP, Perhubungan dan Kesehatan di Pospam dan pusat keramaian lainya.

“Meskipun secara resmi 100 personel yang ditugaskan, namun seluruh anggota Polres Mukomuko wajib menjaga keamanan di wilayah Mukomuko selama lebaran ini,” tegasnya.

Sementara, sesuai dengan instruksi Kapolri Jedral Polisi Tito Karnavian  dalam sambutan Inspektur Upacara yang dibacakan oleh Bupati Mukomuko, Choirul Huda, SH, selain pengamanan arus mudik dan balik, Operasi Ramadniyah Nala fokus pada kejahatan umum seperti maling, curanmor dan pembobol rumah kosong.

“Jadi, kalau ada rumah kosong yang ditinggalkan mudik, silakan laporkan kepada polisi terdekat. Kalau bisa kompakan satu komplek, nanti kita akan lakukan patroli  keliling,” katanya.

Selain itu, Yayat mengimbau kepada penyelenggara hiburan rakyat pada saat hari raya untuk dapat bekerjasama dengan melaporkan prihal kegiatan tersebut agar kepolisian bisa menugaskan anggota untuk mengamankan kegiatan hiburan itu.

“Kalau hiburan silakan penyelenggara berkoordinasi dengan kepolisian terdekat sesuai aturan. Nanti kita tempatkan anggota kita untuk menjaga keamanan,” ujarnya.

Sementara, dalam sambutan Bupati Mukomuko menyampaikan, mewujudkan rasa aman pada saat momen mudik dan liburan hari raya Idul Fitri 2017 menjadi tanggungjawab bersama. Mulai dari Kepolisian, TNI, Pemda Mukomuko dan juga seluruh lapisan masyarakat.

“Bagi masyarakat yang mengikuti aturan tertib lalu lintas sudah turut berperan menjadikan liburan kali ini menjadi liburan yang aman,” sampai Bupati.

Diprediksi, H-5 lebaran arus mudik akan mulai padat. Kemudian akan ada arus silaturahmi dan hiburan pada H+1,2 dan 3, seterusnya arus balik akan padat pada H+5. Untuk itu ia meminta para personel yang bertugas di Pospam untuk bersiaga lebih ekstra.

Untuk diketahui, Apel Gelar pasukan kemarin, Bupati Mukomuko langsung bertindak sebagai Inspektur Apel. Apel tersebut turut dihadiri Kajari Mukomuko, Agus Irawan Y, MH. Pabung Mukomuko, Mayor Liston Sinurat, Kakan Kemenag Mukomuko, Drs. H. Ajamalus dan Kepala Bandara Mukomuko, Irpansyah P Rachman serta FKPD lain dan para pejabat eselon II Pemda Mukomuko. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

19 − 5 =