Dewan Kembali Ingatkan Soal Serapan Anggaran

Dewan Kembali Ingatkan Soal Serapan Anggaran

BERBAGI:

Siption Muhady: Segera Berkoordinasi Dengan OPD

RBO, BENGKULU – Angota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Bengkulu, Siption Muhady S.Ag mengingatkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA segera melakukan rapat koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov untuk membahas serapan APBD tahun anggaran 2017 yang masih rendah. “Terus terang saja, kita di DPRD sudah gelisah dengan rendahnya serapan anggaran ini. Makanya kita berharap Plt Gubernur saat ini, segera bersikap melakukan rakor bersama OPD untuk membahasnya. Supaya dengan waktu yang tersisa serapannya bisa maksimal,” ungkap anggota DPRD Provinsi Dapil Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah ini, kemarin.
Menurutnya, banyak dampak negatif terhadap daerah jika serapan rendah. Diantaranya pemotongan anggaran oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Kemudian kita berharap jangan sampailah dengan rendahnya serapan masyarakat menjadi kecewa. Karena anggaran yang telah dialokasikan itu juga untuk pembangunan daerah yang berkaitan erat dengan kepentingan masyarakat,” ujar politisi PKB tersebut.
Yang jelas, lanjut anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu tersebut, Plt Gubernur diharapkan fokus untuk memaksimalkan serapan anggaran. Bukan sebaliknya, bongkar pasang kabinet. “Terlebih rendahnya serapan anggaran selama ini, salah satunya disebabkan bongkar pasang itulah. Kemudian kegiatan yang sudah ada pemenang lelangnya, segera realisasikan. Jangan malah dibatalkan seperti yang sudah terjadi,”tambahnya.
Sementara itu, Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengaku segera menindaklanjuti permasalahan rendahnya serapan anggaran tahun ini. Dimana per bulan Mei lalu masih 21 persen. “Langkah pertama yang saya lakukan rakor bersama OPD, yang diagendakan Senin (3/7). Memang soal serapan ini menjadi fokus saya, terutama di Dinas PUPR dengan total alokasi anggaran mencapai Rp 800 Miliar,” singkatnya.(idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

fifteen − 2 =