BMA RL Wacanakan Lomba Sastra Rejang dan Lembak

BMA RL Wacanakan Lomba Sastra Rejang dan Lembak

BERBAGI
IST: Rumah adat rejang
BERBAGI:

RBO, CURUP – Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu mewacanakan pegelaran lomba sastra bahasa Rejang dan Lembak sebagai upaya melestarikan kosa kata asli bahasa Rejang dan Lembak yang kerap digunakan saat penyambutan tamu raja.

Ketua BMA Rejang Lebong, Herman Firnadi, S.Sos, kepada wartawan mengungkapkan program lomba sastra bahasa Rejang dan Lembak akan diperuntukkan bagi pengurus BMA ditingkat Desa dan Kelurahan yang akan dilaksanakan pada HUT Kota Curup tahun 2018.

“Dari hasil pengamatan kami bahwa setiap ada rangkaian penyambutan tamu besar ke Rejang Lebong pantun bahasa Rejang yang kerap digunakan para pengurus BMA tidak begitu banyak kosa kata dan terkesan monoton. Bahasa atua kata-kata yang kerap digunakan nyaris sama pada umumnya,” jelasnya.

Dengan adanya lomba bahasa sastra Rejang dan Lembak pada rangkaian HUT Kota Curup mendatang para pengusu BMA dapat dengan leluasa menggunakan bahasa atau kosa kata asli Rejang dan Lembak pada saat prosesi penyambutan tamu raja atau tamu besar Bupati.

“Jadi lomba sastra Rejang dan Lembak akan dinilai panitia yang akan kita libatkan pengurus BMA Kabupaten. Harapan kita nanti para pengurus BMA tingkat Desa dan Kelurahaan dapat segera mempersiapkan diri,” jelasnya. (gol)