PKB Ajak 4 Parpol Siapkan 8 Cawagub

PKB Ajak 4 Parpol Siapkan 8 Cawagub

BERBAGI
Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu, Herliardo, S.Ag

RBO, BENGKULU – Sebagai Parpol pengusung utama Duo RM saat Pilkada Gubernur Bengkulu tahun 2015 lalu, bersama Partai NasDem, Hanura dan PKPI, PKB mengajak mempersiapkan 8 Cawagub. Masing-masing parpol pengusung mengajukan dua nama kandidat Balon Wagub. Setelah  itu nanti dibahas dan disaring bersama untuk mencari yang terbaik dan pas.

“Kini kita tunggu keputusan inkrahnya terlebih dahulu atas kasus hukum yang menimpa Ridwan Mukti. Dan jika Gubernur sudah definitif nanti, maka kita bersama Parpol pengusung masing-masing akan menyiapkan dua nama kandidat Balon Wagub. Dimana dua Wagub itu berdasarkan keputusan DPP, jadi total nanti ada delapan Cawagub yang kita sodorkan ke Gubernur definitif,” ungkap Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu, Herliardo S.Ag, Senin (3/7).

Dijelaskan oleh Herliardo, saat ini, PKB belum berkoordinasi ataupun komunikasi dengan tiga Parpol pengusung lainnya. “Kalau sekarang, kita belum melakukan komunikasi. Tapi ada baiknya masing-masing partai pengusung mulai menyiapkan nama-nama tersebut. Kalau kami dari DPW PKB Provinsi Bengkulu telah menyampaikan enam nama hasil Rapim ke DPP. Enam nama itu, saya sendiri, Leny Latief, Suroto, Johari Salim, Zainal dan Suimi Fales,” jelasnya.

Dari delapan Cawagub yang disodorkan Parpol nanti, Gubernur definitif yang akan menyeleksi hingga dua nama. “Nanti Gubernur definitif yang ajukan dua nama ke DPRD provinsi. Kita tidak ingin Bengkulu ini kejadiannya sama dengan Sulawesi Tengah. Dimana akibat ada salah satu Parpol yang ngotot, sehingga proses pemilihan Wagubnya menjadi molor. Hingga saat ini posisi Wagubnya kosong. Kita berharap nanti seluruh partai pengusung bisa sepakat dan mengirimkan nama-nama tersebut. Sedangkan untuk partai pendukung, dimana ada PAN, Golkar, Gerindra dan PPP, meskipun mereka bukan pengusung, tetap akan kita minta pertimbangannya untuk Cawagub nanti,” ujarnya. (idn)