175 Warga Berhasil Jalani Operasi Katarak Gratis

175 Warga Berhasil Jalani Operasi Katarak Gratis

25
BERBAGI
GOL/RBO: Ketua Panitia Operasi Katarak dr. Hani

RBO, CURUP – Berdasarkan hasil kegiatan sosial operasi katarak gratis bagi warga tidak mampu diempat Kabupaten yang dipusatkan di RSUD Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu telah berhasil mengoperasi sebanyak 175 orang warga.

Ketua Panitia Operasi Katarak, dr. Hany Rosanita, kepada wartawan, Sabtu pagi (15/07), mengungkapkan kegiatan ini bekerjasama dengan Perempuan Peduli Pembangunan Daerah Indonesia (P3DI) pelaksanaan kegiatan sosial itu telah dilaksanakan sejak 14-16 Juli, dimana hingga kemarin jumlah peserta yang akan mengikutinya mencapai 315 orang.

“Yang sudah mendaftar sampai hari ini sebanyak 315 orang, jumlah ini berkemungkinan akan terus bertambah karena masa pendaftarannya masih dibuka. Untuk peserta yang sudah terdaftar ini sudah kami bagi yakni 100 orang menjalani operasi hari pertama, hari kedua 115 orang dan hari ketiga 100 orang,” katanya.

Para peserta operasi katarak ini kata dia, menjalani operasi di ruangan operasi yang sudah disiapkan RSUD Curup, dengan jumlah meja operasi sebanyak enam unit. Operasi ini dilayani oleh 26 tenaga dokter yang didatangkan dari RS M Yunus Bengkulu sebanyak 11 orang dan 15 dokter spesialis mata lainnya berasal dari Kota Palembang, Provinsi Sumsel.

Ratusan pendaftar yang akan mengikuti bhakti sosial operasi katarak itu sendiri tambah dia, tidak semuanya bisa menjalani operasi karena harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu oleh petugas. Pemeriksaan selain untuk memastikan apakah calon peserta ini menderita katarak atau bukan, serta kondisi fisik kesehatan calon peserta.

Sebelumnya, Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari saat memantau pelaksanaan operasi katarak yang di RSUD Curup, mengharapkan kegiatan sosial itu bisa berjalan lancar sehingga kalangan penderita katarak yang sebagian besar berasal dari Rejang Lebong kemudian dari beberapa kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu itu bisa di operasi.(gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

seventeen + 15 =