Dinas Pendidikan Provinsi Butuh UPTD

Dinas Pendidikan Provinsi Butuh UPTD

BERBAGI
Iwan/RBO; Siption Muhadi S.Ag

Siption Muhady: Minimal Untuk Kaur dan Mukomuko

RBO, BENGKULU – Untuk mempermudah dan perpanjangan tangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu dalam menjalankan tugas, dimana saat ini untuk pendidikan tingkat SLTA itu sudah diambil alih oleh Provinsi, maka menurut anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Siption Muhady S.Ag,  sangat dibutuhkan UPTD.

“Dinas Pendidikan sangat membutuhkan UPTD sebagai perpanjangan tangan mereka dalam proses pengurusan administrasi sekolah yang letaknya jauh dengan Ibukota Provinsi. Seperti Kabupaten Mukomuko dan Kaur, itu tidak mungkin mereka harus bolak-balik setiap hari ke Kota Bengkulu untuk menyelesaikan urusan administrasi. Sebab itu diperlukan UPTD,” ungkap Siption Muhady, Jumat (14/7).

Dijelaskan oleh politisi PKB tersebut, persetujuan Mendagri soal UPTD sudah ada. Bahkan dia sudah meminta pada biro organisasi soal UPTD mana saja yang disetujui. “Kalau berdasarkan syarat jumlah minimal 120-150 unit memang tidak akan terpenuhi seperti pernyataan Plt Gubernur. Hanya saja di Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 pasal 6 ayat 3 e. dikatakan boleh UPTD berdasarkan jarak tempuh, yaitu minimal jaraknya 100 KM, yang ditetapkan melalui SK Gubernur dan dikoordinasikan secara tertulis ke Mendagri,” jelasnya.

Selain itu, politisi PKB tersebut juga meminta pada pihak Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu bisa memberikan argumentasi alasan yang kuat ke Plt Gubernur serta Biro Ortala bahwa boleh UPTD berdasarkan Permendagri tadi. “Khusus di Bengkulu untuk UPTD Dinas Pendidikan saya rasa bisa dibentuk dua unit UPTD. Dimana selain untuk koordinasi soal administrasi juga untuk pengawas harus ditambah,” tutup Siption. (idn)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two − one =