Jadikan Germas Hidup Sehat Sebagai Gaya Hidup

Jadikan Germas Hidup Sehat Sebagai Gaya Hidup

32
BERBAGI
ADIT/RBO: Masyarakat semakin mengetahui dan menyadari pentingnya menjadikan Germas hidup sehat sebagai gaya hidup.

Ribuan Massa di Bengkulu Utara Ikuti Penggerakan Massa Germas

RBO,BENGKULU – Ayoo Sehat!!! Dengan cara menjadikan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat sebagai gaya hidup. Upaya promotif dan prefenvif dari Germas hidup sehat dapat menurunkan angka penyakit dan meningkatkan produktivitas.

Dikatakan Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga  drg. Kartini Rustandi, M.Kes saat acara kegiatan Germas penggerakan ribuan massa di Bengkulu Utara (15/7),  melakukan Germas ini bukan berarti mengikuti Inpres No 1 tahun 2017 saja, namun Inpres ini akan berdampak baik bagi kesehatan individu, daerah dan bangsa.

“Jadikan Germas Hidup Sehat ini sebagai gaya hidup. Sesuai dengan pesan Germas yakni dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga jalan, lari, senam, bersepeda dan lain-lain. Kemudian pesan kedua yakni mengkonsumsi buah dan sayur  dan cek kesehatan secara berkala, minimal enam bulan satu kali. Bila ini diterapkan sebagai gaya hidup kita, maka kita akan sehat dan produktif. Dengan begitu bangsa dan negara kita jadi kuat,” katanya sasui senam Germas bersama ribuan orang di Alun-Alun Malim Paduko, Argamakmur Bengkulu Utara.

drg. Kartini R juga mengatakan, Inpers No 1 tahun 2017 itu juga sudah jelaskan mengharuskan bahwa Germas hidup sehat ini digerakkan oleh semua komponen, mulai dari pemerintah lintas sektor dan masyarakat itu sendiri.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan penggerakan massa Germas di Bengkulu Utara ini. Ada 1.000 Lansia yang ikut, ada lebih dari 1.000 anak sekolah yang ikut dan lebih dari lima ribuan masyarakat umum yang datang dan berkomitmen untuk hidup sehat. Sebagai contoh senam ini, ini adalah bentuk aktivitas fisik, pesan yang ada didalam Germas,” katanya.

Di lokasi yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ihsan Nahromi yang hadir dalam acara tersebut juga mengatakan, setiap masyarakat jangan malas bergerak untuk olahraga.

“Saya lihat waktu senam tadi wajah bapak ibu dan anak-anak tidak ada yang sedih, semuanya bahagia dan gembira. Ini tanda bahwa aktivitas fisik itu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa.

“Kita sehat, produktif dan punya prestasi olahraga maka kita di pandang dunia,” tegasnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni,MM, M.Kes melalui Kabid Kesmas, Nelly Alesa, M.Si menuturkan bahwa Dinkes Provinsi Bengkulu terus berupya dan mendorong agar Dinkes Kabupaten Kota melakukan Germas.

“Kegiatan penggerakan massa Germas ini sudah lima kali kita laksanakan, pertama di Rejang Lebong, Kota, Kaur, Lebong dan di BU adalah yang terakhir. Dari kegiatan Germas disini kita inginkan kesadaran, kemauan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Dan alhamdulillah kesadaran itu sudah tampak dari masyarakat Bengkulu Utara yang begitu banyak hadir dan ikut kegiatan ini (Penggerakan Massa Germas),” harap Nelly. (ae2/prw)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY