110 Pekerja Konstruksi Dilatih PT. Semen Padang

110 Pekerja Konstruksi Dilatih PT. Semen Padang

Adit/RBO: Pekerja Kontruksi usai ikut pelatihan yang dilaksanakan oleh PT. Semen Padang
BERBAGI:

Kenalkan Semen Tahan Dirawa & Pantai

RBO, BENGKULU – Sebanyak 110 pekerja konstruksi se Provinsi Bengkulu mendapatkan pelatihan kontruksi dari PT. Semen Padang yang bekerjasama dengan Lembaga Penyedia Jasa Konstruksi (LPJK). Selain pelatihan, PT. Semen Padang juga perkenalkan produk baru Semen Padang tipe PVC yang jauh lebih tahan untuk bangunan diwilayah perairan, rawa dan pantai.
Adit
Ditemui saat acara pelatihan dan temu pekerja konstruksi Minggu Pagi (23/7), Kepala Pemasaran Semen Padang wilayah Provinsi Bengkulu, Aldri Soni menuturkan, pelatihan yang dilaksanakan ini untuk memberikan edukasi dan ilmu baru kepada pekerja konstruksi. Disamping itu juga memperkenalkan produk Semen Padang yang memiliki beberapa tipe dengan karakteristik yang berbeda beda.

“Kita undang pemateri dari  LPJK. Mereka yang memberikan ilmu baru, yang menjelaskan tata cara konstruksi umum, perbaikan konstruksi ketika terkena gempa, retak dan sebagainya, sehinggga para tukang bangunan ini punya basic yang bisa sesuai standart. Bukan seperti selama ini berdasarkan ilmu turun menurun. Tujuannya adalah, bila mereka paham dengan konstruksi ini, tentunya mereka akan bisa lebih bersaing dan bangunan yang didirikan dan diperbaiki pun sesuai standar,” jelasnya.

Disisi lain, Aldri Soni menjelaskan beberapa tipe Semen Padang. “Selain pelatihan jasa konstruksi, kita juga berikan pemahaman terkait semen tepat guna.  Contohnya penggunaan Semen Padang Tipe PVC. Dimana pada tipe ini, sangat cocok untuk daerah Bengkulu yang dekat pantai dan perairan. Katakan saja rawa – rawa. Semen padang Tipe PVC ini sangat cocok untuk bangunan tersebut, karena tahan terhadap serangan asam sulfat dan pasti membuat bangunan lebih kokoh, kuat dan lebih lama bila menggunakan semen tipe lain. Sebagai pembuktian, proyek packing plant  kita di Teluk Sepang tersebut murni menggunakan tipe PVC,” ujarnya.

Semen Padang memiliki beberapa tipe semen. Yakni tipe 1, tipe PCC, PVC dan SMC. “Yang baru kita ada tipe SMC, sudah siap dipasarkan. Produk kita SMC ini sangat cocok untuk konstruksi ringan. Misalkan untuk bangun rumah satu lantai, untuk plaster karena konturnya lebih halus dan pasti dengan kemasan 40 Kg harganya lebih terjangkau,” katanya.

Sementara itu, dua orang peserta pelatihan, Puji Hadi dan Yui Sanuri yang berprofesi sebagai tukang bangunan mengatakan, “Ya, selama ini kami kami sama ratakan penggunaan semen, tapi setelah dapat pelatihan ini kami dapat memahami penggunaan semen sesuai dengan daerahnya. Dan juga perbaikan dan cara bangun konstruksi bangunan sesuai standart,” jelasnya.(ae2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

3 × five =