Selagan Jaya Laksanakan Enam Pembangunan Fisik

Selagan Jaya Laksanakan Enam Pembangunan Fisik

BERBAGI

RBO, MUKOMUKO – Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Selagan Jaya, Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko berkomitmen siap melaksanakan pembangunan desa sebaik mungkin demi kesejahteraan bersama seluruh masyarakat desanya.

Kades  Selagan Jaya, Sumanto mengatakan, selain kegiatan rutin dan pembinaan, Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD/ADD) tahun ini dimanfaatkan untuk melaksanakan enam kegiatan pembangunan fisik.

“Enam kegiatan ini sudah kita sepakati melalui musyawarah bersama warga yang bersifat skala prioritas. Kendati nanti masih ada yang belum dapat dipenuhi, untuk tahun ini sebatas itulah kemampuan dana desa. Tentu nanti akan kita upayakan ditahun depan,” terang Kades didamping BPD, Heri, Sekdes, A Wahyudi, Kasi Pemerintahan, A Imron dan TPK Warno.

Dari keenam kegiatan fisik tersebut, ada sepanjang 3 kilometer badan jalan akan dibangun yang dibagi menjadi tiga titik dengan rincian, 1.500  meter, 1000 meter dan 500 meter.
“Untuk lokasi pembangunan badan jalan ini berada di tiga Dusun yang ada di Desa Selagan Jaya. Setiap dusun mendapat jatah pembangunan badan jalan,” ujarnya.

Selain badan jalan, di jalan lingkungan desa setempat akan juga dibangun rabat beton sepanjang 450 meter yang mana jalan ini akan mempermudah akses bagi warga setempat.

“Kita juga membangun satu titik Plat Deker yang dibangun di jalan lingkungan yang selama ini hanya memakai jembatan darurat,” sampainya.

Selain urusan jalan, tambah Kades, pihaknya juga memanfaatkan DD untuk kemajuan pendidikan dan kesehatan di desanya. Tahun ini, Pemdes Selagan Jaya akan merenovasi PAUD di desa itu dan juga akan merenovasi Posyandu setempat.

“Bagi kami pedidikan dan kesehatan itu penting. Apalagi daerah seperti kami ini akses menuju kota masih sulit. Jadi, fasilitas kesehatan dan pendidikan di desa kami ini harus kami jaga, demi kemajuan warga kami sendiri,” katanya bersemangat.

Tambahnya lagi, ia tidak bosan-bosan menyampaikan kepada Pemda Mukomuko, Kecamatan, Pendamping Desa dan Kepolisian dan Babinsa untuk terus mengawasi proses pembangunan yang dijalankan oleh Pemdes Selagan Jaya.

Menurutnya, pengawasan itu penting demi menghidari kesalahan, baik kesalahan secara fisik maupun administratif.

“Tidak lupa disini kami juga mohon dukungan dari masyarakat kami untuk sama-sama kita bangun desa ini sebaik mungkin. Untuk seluruh jajaran Pemdes, koordinasi dengan tokoh masyarakat dan terus jaga kekompakan,” demikian Sumanto. (sam)