Inspektorat Diminta Tegas, Tindak 6 PNS Tak Pernah Ngantor

Inspektorat Diminta Tegas, Tindak 6 PNS Tak Pernah Ngantor

55
BERBAGI
DEDI/RBO: Aparatur sipil kabupaten Bengkulu tengah saat apel pagi.

RBO, BENTENG – Inspektorat Benteng diminta melakukan pendindakan terhadap sedikitnya 6 PNS di lingkungan Pemda Benteng yang dilaporkan tak pernah datang ke kantor sejak 6 bulan lalu. Meski demikian para abdi negara tersebut tetap saja menerima gaji layaknya pegawai lainnya setiap bulannya. Mereka yakni inisial BA terakhir tercatat di Bagian Umum Setda, MS di Disnaker, Se di Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, kemudian DA di Dikpora, JK di Satpol PP dan Zu di BPBD.

“Harusnya Inspektorat mengambil tindakan pendisiplinan terhadap PNS yang indisipliner ini. Bagaimana kita bisa kecolongan dengan ulah mereka, secara administrasi memang tercatat sebagai pegawai kita, namun realisasinya mereka justru tak mampu menjalankan tugas dan fungsinya, sementara gaji mereka terus mengalir,” kata anggota DPRD Fraksi PKB, Lukman Hakim, S.Sos.

Menurutnya sudah layak Inspektorat mengambil tindakan sanksi sebagaimana diatur dalam PP 53 Tentang Disiplin PNS. Apalagi saat ini Pemda Benteng telah menerbitkan Perda Tentang TPP. Menurutnya semangat Perda tersebut adalah meningkatkan disiplin pegawai. Apalagi dengan diberikan tambahan penghasilan diharapkan PNS bisa kreatif dan semakin disiplin.

“Kita sudah terbitkan Perda TPP. Jika masih saja banyak yang tidak disiplin, apalagi sampai tak ada kabar seperti 6 PNS tadi maka harus ada tindakan tegas. Apakah disaksi atau diberikan tindakan tegas dengan merekomendasikan pemecatan,” ujarnya.

Langkah tegas menurutnya wajib diambil, mengingat saat ini Benteng tengah membangun dan terus meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Jika ada PNS yang malas-malasan dan tidak mampu menjalankan Tupoksinya lagi maka harus ditindak.

“Inspektrat sebagai lembaga yang berwenang melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap PNS, menurut kami harus menjalankan fungsinya. Apalagi saat ini ada 6 PNS yang terindikasi dan dilaporkan sudah 6 bulan lebih tak masuk kantor, artinya mereka tak mampu menjalankan tugasnya lagi,” kata politisi PKB ini. (tan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

2 × five =