Rancang TPA Sampah di Semidang Lagan

Rancang TPA Sampah di Semidang Lagan

BERBAGI

RBI, BENTENG- Setelah mendapat desakan dari anggota DPRD terkait keberadaan tempat pembuangan akhir (TPA), akhirnya Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) memutuskan lahan TPA di Kecamatan Semidang Lagan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Seluma.

Lahan seluas 6 hektar itu merupakan hibah dari masyarakat. Lahan itu dibagi 2 bagian, yakni 1 hektar diperuntukan pengolaan tinjah dan 5 hektar untuk pembuangan akhir sampah.

“Lokasinya ada di Kecamatan Semidang Lagan, dari hasil survei cocok untuk TPA sebab jauh dari pemukiman warga,” kata Kepala DPRKPP, Edy Ermansyah, Ph.D

Dia menambahkan terkait pembangunan infrastruktur penunjang dan pematangan lahan, pihaknya masih menunggu keputusan dari kementrian. Mengingat pembangunan TPA itu akan menggunakan dana dari pemerintah pusat.

“Keberadaan lahan sudah kami sampaikan, tinggal lagi tindak lanjut dari kementrian. Khususnya terkait dengan infrastruktur dan teknologi pengelola sampah dan tinjah,” ungkap Edy.

Dia juga meminta dukungan dari DPRD, khususnya berkaitan dengan penganggaran dana pendamping pembangunan dan pembebasan lahan untuk pembukaan badan jalan menuju lahan TPA. “Kami juga mengharapkan dukungan dari DPRD, sehingga segera kita memiliki TPA dan sampah bisa dikelola secara benar,” ulasnya. (tan)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY