Tim Pemicu 5 Pilar STBM Berhasil Menyadarkan Penago 1

Tim Pemicu 5 Pilar STBM Berhasil Menyadarkan Penago 1

29
BERBAGI
Adit/RBO: Tim Pemicu memberikan keterangan akan pentinganya hidup sehat dan tidak BAB sembaranagan

RBO, BENGKULU – Tim Pemicu 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) melakukan kegiatan di Desa Penago 1, Kecamatan Ilir Talo, Kabupaten Seluma. Hasilnya, setelah melakukan sosialisasi dan simulasi pilar stop 1 BAB sembarangan, masyarakat disana sadar akan pentingnya menerapkan hidup sehat.
Diterangkan Koordinator Provinsi STBM yang juga Kasi Kesling dan Kesjaor Dinkes Provinsi Bengkulu, Risma Delvi, SST, M.Si, ada 50 warga yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini dan dihadiri juga oleh kepala desa dan jajarannya.
“Untuk menyadarkan masyarakat, kita lakukan sosialisasi dan juga simulasi langsung yang menjelaskan bagaimana bila kita tidak menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Misalkan kemarin (12/8), kita jelaskan bagaimana kotoran kita bisa termakan oleh kita sendiri bila kita masih¬† Buang Air Besar (BAB) sembarangan,” katanya.
Risma Delvi menjelaskan, dari kegiatan pemicuan ini target yang ingin dicapai adalah merubah prilaku masyarakat untuk menjalani pola hidup bersih dan sehat.
Sementara itu, salah seorang warga yang mengikuti kegiatan Pemicuan STBM masyarakat Desa Nelayan, di desa Penago 1, Sukarjo mengucapkan terimakasih atas adanya kegiatan sosialisasi STMB dan berharap kegiatan sosialisasi yang sangat penting ini dapat lebih banyak melibatkan warga.
“Dari sosialisasi ini kami sadar dan mau merubah hidup jadi lebih sehat. Dan kami juga siap untuk mengajak warga lainnya untuk mulai hidup sehat dengan BAB tidak disembarang tempat,” terangnya.
Disisi lain dari kegiatan tersebut, dilakukan penandatanganan komitmen dan RKTL (Rencana Kerja Tindak lanjut) untuk program tersebut. (ae2)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

seven + 13 =