/Ratusan Veteran Bengkulu Tagih Janji Mantan Gubernur Bengkulu

Ratusan Veteran Bengkulu Tagih Janji Mantan Gubernur Bengkulu

RBO, BENGKULU – Ratusan veteran Bengkulu menagih janji yang pernah disampaikan oleh  Gubernur Bengkulu nonaktif, Ridwan Mukti saat masih menjabat.
Seperti diketahui, sebelumnya Ridwan Mukti pernah berencana akan memberikan dana abadi untuk memenuhi kebutuhan para pejuang veteran di Provinsi Bengkulu. Hal itu disampaikan saat Gubernur dan FKPD Gelar Silaturahmi Bersama Pejuang Veteran tahun 2016 lalu.
Dana abadi yang akan diberikan nanti akan sepenuhnya digunakan untuk pembangunan koperasi. Dengan konsep ekonomi kerakyatan dan sistem Gotong royong, koperasi dinilai tepat dalam upaya memenuhi kebutuhan pejuang veteran.
Menurut RM, dengan dana abadi para pejuang veteran tak perlu lagi membuat proposal bantuan dana untuk memenuhi kebutuhannya.
“Mana janji itu? Kok belum ada realisasinya. Padahal itu program yang sangat baik. Jadi, kami minta Pemprov dapat merealisasikannya,” terang salah seorang veteran Bengkulu, Kamasut Sahab saat agenda Forum Silaturahim Gubernur Bengkulu bersama veteran Bengkulu, kemarin (14/8) di Gedung Daerah.
Menanggapi masalah ini, Plt.Gubernur Bengkulu Dr.drh.H.Rohidin Mersyah,MMA mengatakan, pembentukan koperasi untuk para veteran sangat baik. Karena, sangat bermanfaat bagi veteran.
“Koperasi ini lembaga yang dibentuk atas inisiatif dan kebutuhan oleh anggota. Ini yang harus digagas dulu. Buat organisasinya, buat strukturnya , buat badan hukumnya,” tegasnya, kemarin.
Menurutnya, pihaknya tidak bisa memberikan hibah atau sejenisnya kalau dasar hukumnya belum ada dan kegiatannya belum berjalan.

“Kalau badan hukumnya sudah ada, kegiatannya sudah berjalan, baru pemerintah nanti akan memberikan bantuan dan support. Karena dalam sistem pengelolaan keuangan , kita tidak bisa memberikan hibah atau sejenisnya kalau dasar hukumnya belum ada dan kegiatannya belum berjalan,” pungkasnya. (ags)