Bambu Runcing Kalahkan Kesombongan Penjajah, Aksi Heroik Pejuang Bengkulu

Bambu Runcing Kalahkan Kesombongan Penjajah, Aksi Heroik Pejuang Bengkulu

AGUS/RBO: Aksi Haeroik para pejuang Bengkulu Rebut Kemerdekaan
BERBAGI:

Peringati HUT RI ke-72 Hadirin Goyang Bersama

RBO, BENGKULU – Ada yang menarik dari peringatan HUT RI ke 72 di Balai Raya Semarak Bengkulu kemarin. Bendera Belanda sempat berkibar-kibar dan bolak balik di tengah-tengah ribuan pejabat dan undangan. Selanjutnya 2 bendera yang berada di mobil jeep terbuka itu diambil paksa lalu dikoyak bagian birunya, sehingga tinggal merah putih. Hadirin tepuk tangan bangga. Itu adalah bagian dari penampilan drama perjuangan yang dibawakan puluhan putra-putri terbaik Bengkulu di lapangan depan rumah Gubernur.
Drama ini menceritakan perjuangan rakyat merebut kemerdekaan dan perang melawan Belanda. Bahkan dentukan senjata juga menghebohkan arena upacara. Hingga akhirnya pasukan bambu runcing berhasil mengalahkan Belanda.
Kemudian usai penampilan Kolosal dengan judul “Perjuangan Rakyat Bengkulu”, dilanjutkan Goyang Maumere yang diikuti Plt Gubernur, Kapolda, Danrem, Danlanal dan para tamu undangan yang hadir.

Ini Pesan Plt Gubernur
Plt.Gubernur Bengkulu Dr.drh.H.Rohidin Mersyah, MMA mengatakan, Provinsi Bengkulu merupakan bagian tak terpisahkan dalam proses lahirnya kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Seperti diketahui, Presiden RI pertama Soekarno pernah singgah bahkan tinggal di Bengkulu sebelum memproklamirkan kemerdekaan RI. Terlebih Ibu Negara pertama, Fatmawati Soekarno yang menjahit Sang Saka Merah Putih merupakan putri terbaik Bengkulu.
Sementara itu, momentum kemerdekaan kali ini, menjadi moment yang strategis dalam membangun Bengkulu dari ketertinggalan dan memacu kesejahteraan masyarakat.
“Harus timbul semangat rasa kebanggaan kita sebagai warga Bengkulu, bahwa kita berkontribusi besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” tegasnya, kemarin, saat upacara peringatan HUT RI ke-72 di Balai Semarak Bengkulu.
“Maka tidak ada saya kira ruang sekecil apapun untuk kita tidak mengabdi yang terbaik untuk membangun Bengkulu yang kita cintai ini,” tambahnya.

Dijelaskannya, secara luas, tugas generasi bangsa saat ini adalah bagaimana kemerdekaan itu menjadi modal pembangunan nasional. Pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan, ekonomi, sosial-budaya, politik, teknologi, dan lain sebagainya.
“Saya kira sebagai anak bangsa, kita harus betul-betul menjaga keutuhan NKRI, menjaga pancasila, menjaga Undang-Undang Dasar 1945 dan merawat Kebinekaan Tunggal Ika,” tegasnya.
Sementara itu, agenda peringatan HUT RI ke-72 di Balai Raya Semarak Bengkulu kemarin berlangsung cukup meriah dan khidmat.
Hadir pembacaan Teks Proklamasi Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri. Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibaraka) HUT RI ke-72 dipimpin Oleh Komandan Pasukan Lettu Inf Rio Antomi Danton I Kipan B Yonif 144/Jaya Yudha, dan Pembawa Baki Rury Anjelita Putri dari SMAN 5 Kota Bengkulu.

Bergembirar Ria

Sejumlah Pejabat Mendapat Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya dari Presiden

Pada Peringatan HUT RI kemrin juga diberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya dari Presiden Ir. Joko Widodo untuk para ASN yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun.
Penerimanya tanda kehormatan tersebut antara lain, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lierwan, Sekretaris Dinas Sosial, Amirudin Sinyo, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Majestika, Plt BPBD Soemarno, Kabid Pengembangan Aparatur BKD Rusmayadi, Kasubbag Umum dan Perlengkapan Bappeda Tri Martini, Kasubbag Adm Wilayah Pemerintahan Biro Kesra Dedi Junaidi, Kasubbag Kepemudaan dan Olahraga Biro Kesra Fery Mulyanto,  Kasi Bina Aparatur Dukcapil Febrilisnita Bertasari Pattopang.

Agus/RBO: Pasukan Drumban semangat

Selain itu, Penghargaan kepada OPD berprestasi sesuai kinerja di Provinsi Bengkulu juga diberikan, antara lain Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.
Selepas menggelar upacara, pada perayaan HUT RI tahun 2017 ini, turut dimeramaikan dengan beberapa penampilan Tim Obade dari SMKN 1 kota Bengkulu yang dipimpin dirijen Najamudin, menampilkan lagu kemerdekaan dan lagu daerah dari Hari Merdeka, Berkibarlah Benderaku, dan Ikan Pais. (ags/PRW)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nineteen − eighteen =