Azhar Marwan : Wajah Baru, Harapan Baru Lebih Direspon Publik

Azhar Marwan : Wajah Baru, Harapan Baru Lebih Direspon Publik

BERBAGI
Drs Azhar Marwan M.Si

Trend Kita Seperti Itu

RBO, BENGKULU – Wajah baru dan wajah lama sepertinya akan bersaing sengit untuk mendapatkan simpati pemilih, khususnya pemilih di Kota Bengkulu yang dinilai telah menjadi pemilih cerdas.

Namun berdasarkan kebiasaan pemilih di Kota Bengkulu ini dimana Wajah baru lebih diminati dari pada wajah lama yang sudah tahu sepak terjangnya. “Wajah baru lebih  direspon publik jika dibandingkan dengan wajah lama,” kata Pengamat politik dari Universitas Bengkulu (Unib), Drs Azhar Marwan M.Si kepada jurnalis koran ini.

Menurut dia, jika dibandingkan antara Bakal calon Walikota wajah baru dengan wajah lama, wajah baru cenderung lebih mendominasi dukungan publik jika dibandingkan dengan wajah lama.
“Kalau kita lihat berdasarkan kebiasaan pemilih masyarakat di Bengkulu, termasuk Kota Bengkulu, pemilih itu cenderung ingin wajah baru. Karena sosok pemimpin baru itu, selain wajah baru, dia juga biasanya menawarkan harapan baru dan lebih direspon publik,” ungkap Azhar Marwan, Jumat (18/8).
Dan dari berbagai contoh dengan hadirnya sosok calon pemimpin baru, kendati masyarakat belum begitu tahu persis background latar belakang sosok tersebut, namun sosok baru tentu akan muncul dengan ide-ide serta gagasan baru, sehingga disitulah sering muncul harapan baru dan mendapatkan simpati dukungan masyarakat. “Wajah baru ini, dia akan mempunyai peluang yang bagus jika dia memang memiliki latar belakang jejak rekam yang bagus, sehingga masyarakat akan yakin dengan modal kemampuan yang ada ditambah jejak rekam yang bagus. Maka program-program baru yang ditawarkan pun akan lebih direspon masyarakat,” tambahnya.
Akan tetapi, dalam Pilwakot ini nanti, masyarakat lanjut Azhar Marwan, apalagi masyarakat Kota Bengkulu yang masuk kategori pemilih cerdas, tentu tidak ingin memilih pemimpin seperti membeli kucing dalam karung. “Masyarakat juga akan melihat apa yang telah sosok baru itu perbuat bagi Kota Bengkulu. Sejauhmana sumbangsihnya untuk ikut andil membangun daerah. Jika memang sosok baru tersebut memiliki semua kelebihan itu, tentu dia akan mudah mendapat dukungan masyarakat. Tapi jika tidak, maka masyarakat akan lebih memilih wajah lama. Nanti semua itu akan dibandingkan oleh masyarakat. Sebagai pemilih mereka akan menilai sosok seperti apa yang akan didukung, sedangkan untuk figur sosok pemimpin wajah lama, tentu masyarakat sudah paham dan mengenal semua seluk beluk serta track recordnya selama ini,” paparnya.
Sementara itu, dari proses penjaringan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu yang dilakukan oleh Partai Politik telah memunculkan setidaknya lebih dari 10 orang kandidat calon Walikota dan Wakil Walikota.
Dimana ada sosok wajah lama seperti H. Helmi Hasan, Ir. Patriana Sosia Linda, Erna Sari Dewi, Yudi Darmawansyah, Dani Hamdani dan Suimi Fales.

Lalu nama-nama sosok baru yang muncul mulai dari berbagai kalangan misalnya Noviawan Sudirman Ail, Mirza, dr Lia, Angky Marcho Fiveta, dan Samrin  dan  Effendi MS, siap untuk bersaing untuk memperebutkan simpati masyarakat pemilih. (idn)