Mie Babi, Aren Campuran Diterjin Agar Diwaspadai

Mie Babi, Aren Campuran Diterjin Agar Diwaspadai

BERBAGI
Ronal - Kepala BPOM Bengkulu, Burhanudin Gumay

Martin Hijrah ke Padang, Kepala BPOM Bengkulu Burhanudin Gumay

RBO, BENGKULU – Badan Pengawas Obat dan Makanan Bengkulu Kamis (24/08) kemarin resmi dipimpin oleh Drs Burhanudin Gumay, Apt, MM. Sebelumnya, ia merupakan mantan Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Palembang. Sementara itu, Drs Martin Suhendri M.Farm  yang merupakan putra asli Sumatera Barat ini pun akhirnya hijrah ke BPOM Padang menjabati pimpinan.
Dalam sambutan Martin, pihaknya berharap agar Kepala BPOM yang sudah dilantik ini dapat meneruskan program kerja yang sudah dilaksanakan selama ini. Terlebih lagi pada bulan November nanti, akan ada program bebas pangan berbahaya, dengan sinergitas OPD terkait.
“Kita berharap beliau dapat melanjutkan program yang sudah dilaksanakan. Seberat apa pekerjaan di Palembang, lebih berat disini. Saya yakin semuanya dapat dikerjakan,” terangnya.     Dalam kinerjanya, beberapa waktu lalu sudah melakukan penyelidikan hingga pemberantasan makanan hingga kosmetik berbahaya. Mie dengan kandungan babi yang tersebar di kawasan supermarket, krupuk mengandung bahan perwarna zat berbahaya. Bahkan Martin pernah menyidak beberapa jamu yang dilarang untuk dijual.
“Saat ini penyelidikan sudah ditangani satu berkas sudah memasuki tahap satu. Dua kasus lainnya sudah menyusul. Memang ada beberapa  kosmetik yang beredar, obat tradisional selain itu beliau interigity sangat tinggi. Saya yakin beliau pasti dapat menindak hal ini,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala BPOM Bengkulu Drs Burhanudin Gumay, Apt, MM optimis dalam melanjutkan program postif yang sudah dijalani. Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Pemda Bengkulu dalam mengawasi beberapa makanan dan obatan yang tersebar.
“Saya akan memantau kondisi disini. Karena ada sifat nasional dan spesifik. Seperti gula aren dicampur diterjen bisa mengungkap sewilayah, namun untuk mengungkap kasus nasional itu. Memang membentuk jaringan itu lebih gampang, namun lebih sulit untuk menjaring. Tapi semua hal positif akan kita lanjutkan,” tutupnya. (run)