Baru 5.573 Masyarakat Miskin Kesehatanya Dijamin Oleh Daerah

Baru 5.573 Masyarakat Miskin Kesehatanya Dijamin Oleh Daerah

12
BERBAGI

Target Tahun Ini 7.000

RBO, MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini menyediakan dana sebesar Rp 2 miliar untuk membiayai jaminan kesehatan sekitar 7.000 masyarakat kurang mampu yang diintegrasi dengan BPJS Kesehatan. Namun sampai saat ini, dari target sebanyak 7.000 baru sekitar 5.573 masyarakat kurang mampu yang kesehatannya ditangung BPJS Jamkesda.

Hal ini disampaikan Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan, Dinkes Kabupaten Mukomuko, Erik Prasetya, S.Farm kemarin.

Ia menjelaskan, jika anggaran untuk jaminan kesehatan tersebut tidak terserap seluruhnya, maka akan dikembalikan ke kas daerah.

Kendati demikian, pada 2018 mendatang, pihaknya berencana akan mengusulkan penambahan anggaran jaminan kesehatan daerah. “Setidaknya kita usulkan penambahan sebesar 10 persen dari anggaran tahun ini,” ungkap Erik.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan jumlah masyarakat kurang mampu yang belum mendapat jaminan kesehatan nasional akan bertambah, sehingga butuh mendapatkan jaminan kesehatan daerah.

“Jadi, kalau masalah data siapa yang layak menerima BPJS Jamkesda ini Dinas Sosial yang mendata. Dinkes dalam hal ini menyediakan anggaran untuk dibayarkan ke BPJS,” terangnya.

Disebutkannya, mekanisme pembayaran Pemda Mukomuko ke BPJS Kesehatan dilakukan setiap bulan. Jika diperjalanan tahun ini ada penambahan penerima BPJS Jamkesda, masih bisa terkafer dengan anggaran yang tersedia.

“Rencana penambahan anggaran ditahun depan itu untuk mengkafer peningkatan data masyarakat yang membutuhkan bantuan biaya berobat melalui BPJS Jamkesda,” demikian Erik. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

16 − 7 =