Aneh, Panen Musim Hujan

Aneh, Panen Musim Hujan

BERBAGI:

Petani Khawatirkan Kualitas Beras Menurun

RBO, MUKOMUKO – Dampak dari cuaca hujan terus- menerus yang terjadi saat ini membuat para petani padi khawatir atas beras hasil panen kali ini. Pasalnya, kondisi cura hujan yang tinggi ini membuat petani kesulitan menjemur padi.

Marudin (45), warga Selagan Raya menuturkan, jika beras yang dihasilkan tidak sebaik biasanya, tentu para pengepul (Toke) akan membeli beras para petani dengan harga rendah.

“Inilah repotnya kami kalau lagi musim hujan. Sudah pas ngejemur kami harus kerja dua kali. Jemur, angkat. Jemur, angkat. Sudahtu hasilnya juga masih lembab. Ini sangat mempengaruhi kualitas beras yang dihasilkan,” beber Amirudin.

Ia juga merasa sedikit keanehan pada tahun ini. Masa panen bertepatan dengan musim hujan yang intensitasnya cukup sering. Bahkan boleh dikatakan setiap hari.

Katanya, intenisitas hujan terus menerus ini sudah berlangsung hampir dua minggu.

“Kalau biasanya, kami ngejemur padi itu paling sehari sudah bisa digiling. Kalau sekarang ada yang sampai seminggu. Dalam sehari ada yang sampai lima kali jemur angkat, jemur angkat. Capek, tapi maugimana lagi. Belum lagi kami takut beras kami jadi jelek. Padahal beras Sungai Ipuh sudah sangat terkenal sebagai beras dengan kualitas tinggi,” pungkasnya. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

19 − four =