Satu Jembatan Putus dan Longsor di Dua Lokasi

Satu Jembatan Putus dan Longsor di Dua Lokasi

BERBAGI
SENO/RBO: Satu Jembatan Putus dan Longsor di Dua Lokasi
BERBAGI:

Cuaca Ekstrim, Bupati Tebitkan SK Tanggap Darurat Bencana

RBO, MUKOMUKO – Cuaca ekstrim beberapa hari belakangan menyebabkan sejumlah kejadian bencana alam di wilayah Kabupaten Mukomuko. Dengan kejadian ini, Bupati Mukomuko, Choirul Huda telah menerbitkan SK Tanggap Darurat Bencana. Hal ini disampaikan Kabid Tanggap Daraurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Erwin, S.Sos saat berjumpa RBI dilapangan kemarin.
Dengan diterbitkannya SK tersebut, BPBD dan instansi terkai lainnya, seperti PUPR dan Dinas Sosial turun gunung ke kecamatan guna mendata kejadian bencana di setiap kecamatan se Kabupaten Mukomuko.
Dari data sementara yang dirilis BPBD Kabupaten Mukomuko, sudah terjadi tiga kejadian yang masuk kategori bencana alam. Yakni, putusnya jembatan penghubung antar Desa Pasar Ipuh dengan Desa Retak Ilir, terganggunya aktifitas belajar mengajar di MAN Ipuh akibat pelapis tebing yang longsor serta terjadinya longsor di badan jalan negara di Kecamatan Pondok Suguh.
Data ini kemudian akan dilaporkan kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
“Untuk urgensi di BNPB ada dana siap pakai yang khusus menanggulangi kejadian bencana seperti ini. Kita berharap khususnya jembatan penghubung ini bisa direspon cepat oleh Pemerintah Pusat. Tiga kejadian ini kita laporkan semua. Nanti menyusul kejadian lain hasil laporan dari masyarakat,” jelasnya.
Ia mengatakan, BPBD mengharapkan peran aktif Pemerintah Desa untuk melaporkan kejadian bencana di daerah masing-masing.
“Hari ini kami menyebar ke semua kecamatan, mendata laporan masyarakat di kecamatan. Kebetulan saya Lubuk Pinang dan satu tim lagi dipimpin Kepala BPBD meninjau jembatan amblas di Ipuh. Sampai beberapa hari kedepan kami masih menunggu laporan dari masyarakat terkait kejadian bencana. Kemudian akan kita susulkan laporannya ke BNPB,” demikian Erwin. (sam)