Gawat! 41 PNS Pemprov Narkoba, 87 Mangkir Tes

Gawat! 41 PNS Pemprov Narkoba, 87 Mangkir Tes

12
BERBAGI
Narkoba

2 Pemakai Ganja, 2 Pakai Morfin

RBI, BENGKULU – Narkoba merambah PNS Pemda Provinsi Bengkulu. Tidak tanggung-tanggung, 41 PNS positif narkoba. Anehnya, ada 84 PNS yang hingga kini masih mangkir dari tes narkoba.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi (Dinkesprov) Bengkulu, H.Herwan Antoni, SKM, MM mengatakan, sebanyak 41 PNS di lingkungan Pemprov Bengkulu positif narkoba. Hal ini diketahui setelah pihaknya melakukan tes urine terhadap ribuan PNS di lingkungan Pemprov Bengkulu belum lama ini bekerjasama dengan pihak BNN Provinsi Bengkulu.
“Kita telah melakukan pemeriksaan terhadap ASN tes urine narkoba. Dari hasil pemeriksaan yang kita lakukan terhadap 7.500 ASN Provinsi Bengkulu, hasilnya ada 41 yang positif narkoba,” tegasnya, kemarin.
Sementara itu, guna memastikan apa yang melatarbelakangi para PNS itu menggunakan narkoba, pihaknya sebelumnya sudah melakukan tes ulang terhadap puluhan PNS itu.
“Positif ini tentu kita akan melakukan cek ulang pemeriksaan sebagai parameter. Setelah kita melalui BNN dipanggil, ternyata ada 41 terindikasi positif. Dari 41 itu ternyata 37 itu karena konsumsi obat, karena dia sakit,” tegasnya.
“Nah, ternyata memang ada 4 yang positif pemakai. 2 orang pemakai ganja, 2 pemakai morfin. Mereka tersebar. Ada yang di sekretariat dan di teknis, pejabat eselon dan noneselon. Oleh karena itu yang ini akan kita sampaikan hasil ini secepatnya, dan mudah-mudahan nanti hasil yang kami peroleh akan kita laporkan melalui atasan melalui nota dinas bagaimana tindak lanjutnya,” tambahnya.
Dijelaskan dia, lebih lanjut, alasan pihaknya belum langsung melaporkan data yang didapat itu ke Pemprov dikarenakan masih menunggu hasil data pemeriksaan para PNS yang belum melakukan tes urine alias masih mangkir dari pemeriksaan yang jumlahnya mencapai puluhan orang.
“Belum melaporkan karena kami berharap masih ada 87 orang yang belum melakukan pemeriksaan karena ada tugas lain seperti DL,” jelasnya.
“Ada juga yang belum datang karena belum mau diperiksa. Oleh sebab itu kami membuat surat tertulis diberi jangka waktu supaya yang 87 orang ini segera melakukan pemeriksaan ke laboratorium kesehatan,” tambahnya.
“Kalau ternyata masih mangkir juga, maka akan kita serahkan kepada kepala OPD masing-masing untuk menindaklanjutinya,” pungkasnya. (ags)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

15 − six =