Panwaslu Buka Penerimaan Panwaslih Kota Bengkulu

Panwaslu Buka Penerimaan Panwaslih Kota Bengkulu

33
BERBAGI
Iwan/RBO: Ketua Panwaslu Kota Bengkulu Ir Sugiharto, Minggu (17/9).

Sugiharto: Kita Butuh Anggaran Untuk Kegiatan

RBO, BENGKULU – Untuk melaksanakan tugas pengawasan pemilu di Kota Bengkulu, Panwaslu Kota Bengkulu mulai melakukan rekrutmen untuk sebanyak 27 orang Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kota Bengkulu yang akan diletakkan di sembilan kecamatan. “Mulai tanggal 18-22 September kita membuka pendaftaran Panwaslih. Pendaftaran untuk pengambilan berkas persyaratan sejak tanggal 19-25 September,” ungkap Ketua Panwaslu Kota Bengkulu Ir Sugiharto saat ditemui, Minggu (17/9).
Dijelaskan oleh Sugiharto, Panwaslih ini masing-masing kecamatan terdiri dari tiga orang dan syaratnya selain ijazah terakhir minimal SLTA sederajat, juga harus berdomisili di wilayah pengawasannya nanti. “Usia minimal 25 tahun, dan berdomisili diwilayah pengawasannya dengan dibuktikan oleh KTP. Selain itu juga tidak boleh terindikasi anggota Partai Politik (Parpol),” terangnya.
Adapun untuk masa jabatan Panwaslih, Ketua Panwaslu Kota Bengkulu menjelaskan bahwa masa jabatannya satu tahun. “Panwaslih ini nanti tugasnya mengawasi Pilwakot, Pileg dan Pilpres. Sementara masa jabatannya satu tahun, tapi akan kita lihat lagi nanti bagaimana kedepannya apakah akan disambung atau tidak,” jelasnya.
Untuk itu, dengan telah berjalannya perekrutan Panwaslih sementara dana anggaran belum ada, pihaknya tegas Sugiharto meminta agar Pemda Kota segera menyelesaikan proses NPHD. “Ini kan kita sudah membutuhkan dana anggaran. Kalau untuk saat ini, kita masih ditalangi atau dibantu dari Bawaslu Provinsi. SK NPHD itu sudah diteken, tapi naskahnya belum,” pungkasnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

eighteen + 10 =