Selasa Ini, Bazar Tabut di Mulai

Selasa Ini, Bazar Tabut di Mulai

20
BERBAGI
ist/Tabut

RBO, BENGKULU –Masyarakat Bengkulu kembali menyuguhkan tontonan menarik bagi masyarakat dunia. Tak asing lagi festival kesenian budaya tabut. Acara ini akan disaksikan dan dinikmati jutaan manusia. Mereka bisa menyaksikan langsung di Lapangan Merdeka Bengkulu dan bisa pula melalui media massa elektronik dan cetak.
Untuk itu, besok (Selasa-red) rencananya dilakukan pembukaan bazar tabut oleh Wakil Walikota Ir. Patriana Sosia Linda.
“Pembukaan bazar tabut oleh Wakil Walikota Ir. Patriana Sosia Linda. Kemudian untuk kegiatan ritual tabut sendiri, mulai kami laksanakan Hari Rabu tanggal 20 malam Kamis,” ungkap Bendahara KKT, Wahyudi pada RBI, Minggu (17/9).
Dijelaskan oleh Yudi panggilannya, untuk pelaksanaan kegiatan tabut tahun 2017 ini, mereka yang seperti biasa setiap tahunnya selalu melaksanakan kegiatan ritual tidak ada kendala. Sejauh ini seluruh keluarga tabut sakral masih terus melakukan pekerjaan untuk bangunan tabut sakral.
“Kita ada 17 tabut sakral, dan pekerjaan bangunannya sudah sampai 75 persen,” jelasnya.
Sedangkan dari sisi dana anggaran sendiri, dimana tahun ini KKT selaku koordinator ritual mendapatkan bantuan dana dari APBD Kota serta APBD Provinsi Bengkulu juga tidak ada kendala. “Plt Gubernur sangat proaktif, dan rencananya beliau akan membuka kegiatan tabut nanti untuk ritualnya secara resmi. Dan dari sisi anggaran sendiri, kita ada Rp 300 juta dari APBD kota. Dimana itu nanti juga termasuk untuk Tabut Pembangunan, bukan hanya tabut ritual. Kemudian dari Provinsi kita mendapat support dana sekitar Rp 450 juta. Total untuk kegiatan ritual tabut tahun ini, kita ada sekitar Rp 750 juta, dimana sebenarnya itu pun tidak cukup jika ingin kita kalkulasikan untuk kegiatan kita selama tabut berlangsung. Dan dari sisi anggaran ini, dalam minggu ini hari Senin atau Selasa, kita sudah akan melakukan proses pencairan dana. Baik itu di Kota maupun Provinsi Bengkulu,” pungkasnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

18 + nine =