Server Dukcapil Kota Diputus, Administrasi Kependudukan Terganggu

Server Dukcapil Kota Diputus, Administrasi Kependudukan Terganggu

6
BERBAGI
Warga saat antri di Disdukcapil

Gultom, Jangan Libatkan Masyarakat Itu Kesalahan Kota

RBO, BENGKULU – Sudah 2 Minggu server Dukcapil Kota diputus. Ini akibat dari mutasi yang dilakukan oleh pemerintah kota Bengkulu yang tak beraturan. Sehingga Ditjen Dukcapil Kementerian mengambil langkah pemutusan sementara server Dukcapil Kota Bengkulu.
Kasus itu mengakibatkan pemberhentian aktivitas pelayanan terhadap masyarakat yang ingin melakukan pembuatan KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya.
Mutasi pengangkatan dan pemberhentian pejabat di Dinas Dukcapil dan unit kerja yang menangani administrasi kependudukan dan catatan sipil harus melalui persetujuan Mendagri.
Kadis Dukcapil Kota Bengkulu Drs.H. Sudarto Widyo Saputro, M.Si menjelaskan, pemutusan server Dukcapil ini kita sudah memberitahukan kepada Sesda kota atas apa yang terjadi saat ini (pemutusan server). Hal ini sudah 2 minggu terjadi sehingga masyarakat yang terkena dampaknya.
“Intinya saat ini Sesda kota sedang mempersiapkan jabatan baru untuk pejabat yang dimutasi kemarin. Sehingga dengan telah dimutasinya pejabat Dukcapil yang dinonjobkan ini bisa mengembalikan server kita,’’ ujar Sudarto .
Ini semua sesui dengan Pemendagri no 76 tahun 2015, pejabat Dukcapil seluruh Indonesia kota/kabupaten kalau dimutasi keluar dari Dukcapil tidak boleh dinonjob, harus mendapatkan jabatan baru dulu.
Disisi lainnya Gultom warga Sidomulyo sangat menyanyangkan apa yang menimpa server Dukcapil Kota Bengkulu saat ini sudah 2 minggu terputus.
”Kita selaku masyarakat awam tidak tahu menahu apa yang terjadi di intern Pemerintah Kota, namun bila hal ini berlarut-larut maka masyarakat sangat dirugikan. Kita berharap pemerintah kota bisa cepat mengambil tindakan,” ujarnnya.(ae/rsm)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

10 + 6 =