Makna Ritual Tabut

Makna Ritual Tabut

7
BERBAGI
IST/RBO: Pembukaan acara Tabut Bengkulu

RBO, BENGKULU – Sementara itu, Ketua Kerukunan Keluarga Tabot (KKT) Bengkulu Ir.Syaril Syafri menjelaskan, pembukaan Tabut telah dimulai dengan upacara prosesi mengambil tanah.
Dijelaskan, ritual mengambil tanah memiliki makna mengingatkan bahwa manusia berasal dari tanah dan kembali ke tanah. Serta, mengingatkan manusia kepada kematian.
“Festival Tabut digelar oleh masyarakat Bengkulu guna menyongsong tahun baru Islam. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Bengkulu yang telah membuat agenda ini dapat kembali seperti dahulu,” terangnya.
Ditambahkan, Festival Tabot 2017 berlangsung selama 10 hari ke depan diawali dengan malam pentas seni budaya Bengkulu. Pentas semikolosal musik dan tari kontemporer yang menonjolkan musik dol, yakni alat musik tabuh khas Bengkulu yang terbuat dari batang bawah pohon kelapa yang mengawali pertunjukan malam kemarin.
Sementara itu, pertunjukan itu menggambarkan pesan khusus ritual Tabut, yakni peringatan kematian Husein bin Ali bin Abi Thalib salah seorang cucu Nabi Muhammad SAW. Ritual Tabut yang digelar anggota KKT Bengkulu adalah upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang kisah kepahlawanan dan kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan dengan pasukan Ubaidillah bin Zaid di Padang Karbala pada 10 Muharam 61 Hijriah (681 M).
Adapun tahapan ritual Tabut sesuai urutan, yakni mengambil tanah, duduk penja, meradai, merajang, arak penja, arak serban, gam atau masa tenang/berkabung dan arak gedang serta tabot terbuang. (ags)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

11 − two =