Pemda Lebong Dukung Program BPJS

Pemda Lebong Dukung Program BPJS

5
BERBAGI
RIO/RBO: Foto Bersama Penyerahan Santunan Jaminan Kematian oleh Bupati Lebong dan Top Manejer BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu

RBO, BENGKULU – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bengkulu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lebong dalam hal sosialisasi mengenai program dan manfaat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Acara ini dihadiri seluruh Kepala OPD se Kabupaten Lebong bertempat di Aula Pemda Lebong kemarin (Selasa, 12/09).
Rapat koordinasi dan Sosialisasi diselenggarakan dengan tema “memberikan Perlindungan Kerja dan masa depan tenang dengan Jaminan Sosial. Bupati Kabupaten Lebong, H. Rosjonsyah, S. Ip, M.Si beserta seluruh kepala OPD memberikan dukungannya terhadap program BPJS Ketenagakerjaan untuk diselenggarakan bagi seluruh pekerja di Kabupaten Lebong.
“Program BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah yang sangat bagus. Karena, menawarkan program perlindungan yang maksimal dengan iuran yang ringan. Yakni 10.800 perbulan untuk dua program maksimal. Yakni Jaminan Kecelakaan dan Jaminan Kematian, “ujar Bupati.
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu, Yosep Aris Daryanto menyampaikan bahwa harapannya agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebong yang memiliki pegawai kontrak atau honorer (PPPK) untuk mendaftarkan pegawainya ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan.
“Hal ini sesuai dengan amanat Undang – Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,’’ sampai Aris.
Hal senada juga disampaikan oleh Marketing Offiser BPJS Ketenagakerjaan , Christian Pieter Sthepanus Purba, SH. “Program BPJS Ketenagakerjaan meminimalisir kerugian materil pekerja, baik sektor formal yang mencakup pegawai non ASN, pekerja swasta serta pekerja informal yang bukan penerima upah dari risiko-risiko akibat kerja.
‘’Kartu BPJS Ketenagakerjaan dapat juga digunakan ditempat- tempat tertentu sebagai potongan/ discount,“pungkas Christian. Selaian melaksanakan rapat koordinasi, pada kesempatan ini juga BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu bertempat di Kantornya menyerahkan sertifikat dan Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaan Kabupaten Lebong serta menyerahan Santunan Kecelakaan Kerja untuk ahli waris Pendamping Lokal Desa Tatang Supardi. Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Bupati Lebong kepada Ahli Waris dan Zainal Husnim, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Lebong.
Dalam kegiatan ini juga penandatanganan Notulensi Kesepakatan Bersama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Kabupaten Lebong yang mana isisnya untuk mendaftarkan seluruh tenaga kerjanya/ pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang bekerja di OPD Kabupaten Lebong yang belum didaftarkan. Dalam penandatangan kerjasama ini Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu, Yosep Aris Daryanto mengimbau seluruh tenaga kerja, baik bukan penerima upah maupun penerima upah harus mendapatkan perlindungan dan Jaminan Sosialnya.
“Sudah layak dan sepantasnya seluruh pekerja, baik Pegawai non ASN, Tenaga Kerja formal maupun informal mendapatkan jaminan Perlindungan Program BPJS Ketenagakerjaan. Karena program ini adalah hak yang melekat (Hak Azazi) dari seluruh pekerja yang bekerja diwilayah Negara Kesatuan RI (NKRI).
‘’Dengan terdaftarnya pekerja TKK Satpol PP Kabupaten Lebong ini, lanjutnya, diharapkan perusahaan, instansi dan pekerja lainnya di Kabupaten Lebong dapat menyusul,’’pungkas Aris. (Ae4)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

twelve + 3 =