DKP Bantah Urungkan 20 Perahu Nelayan

DKP Bantah Urungkan 20 Perahu Nelayan

15
BERBAGI
SAM/RBO: Warga sedang mendorong kapal nelayan usai melaut

RBO, MUKOMUKO – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Arif Isnawan, S.Pt menegaskan, pihaknya akan tetap merealisasikan rencana pengadaan perahu yang diperuntukan KUB (kelompok usaha bersama) nelayan Mukomuko. Hal ini ia tegaskan setelah mencuat kabar proyek ini batal karena diduga menjadi imbas dari penalti Dana Alokasi Kusus (DAK).
Tahun ini rencananya, Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui DKP akan mengadakan 20 perahu untuk nelayan. Namun rencana pengadaan perahu yang dananya berasal dari DAK itu terancam batal lataran realisasi DAK di dinas itu tidak mencapai 80 persen terhitung per 31 Agustus 2017.
“Lelang proyek pengadaan perahu ini masih berjalan sampai sekarang. Rencananya tetap akan kita beli pada tahun ini,” tegasnya.
Ia menerangkan, terkait dana pihaknya telah berkoordinasi dengan Bupati Mukomuko. Rencananya dana untuk mengadakan 20 unit perahu itu diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU).
“Tidak terealisasinya proyek pengadaan perahu ini lantaran ada perbedaan antara keinginan nelayan dengan spesifikasi dari Pemerintah Pusat. Kita bingung juga kemarin,” sebutnya.
Tambahnya, perahu ini sangat dibutuhkan nelayan Mukomuko. Sama halnya dengan mesin dan alat tangkap. Karena perahu nelayan sekarang sudah banyak yang rusak.
“Untuk mesin tempel dan alat tangkap sudah dibeli. Tinggal lagi perahu. Kita tetap membuat perahu dari bahan fiber sesuai ketentuan baku,” demikian Arif. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

1 × one =