Muaro Rafflesia Juara Lomba Tari Kreasi Tabut 2017

Muaro Rafflesia Juara Lomba Tari Kreasi Tabut 2017

7
BERBAGI
AGUS/RBO: Peserta saat mengikuti acara lomba TKT tahun 2017,

RBO, BENGKULU – Sanggar Muaro Raflesia akhirnya berhasil keluar sebagai Juara I Lomba Tari Kreasi Tabut (TKT) 2017 dengan poin nilai sebesar 755. Sementara itu, dalam penampilannya, tim sanggar ini mengangkat tema prosesi perayaan Tabut Bengkulu. Mulai dari pengambilan tanah pada 1 Muharram, Duduk Penja, Meradai, Menjara, Arak Penja, Arak Serban, Gam, Arak Gedang, dan Tabut Terbuang yang biasa dilaksanakan tanggal 10 Muharram.
Adapun ide garapan Sanggar Muaro Raflesia, mengangkat sebuah peristiwa pada bulan Muharram dengan memadukan musik, tari, syair dan doa-doa untuk cucu Nabi Muhammad, yakni Imam Husien.
Sementara itu, untuk Juara II dengan selisih 3 point, diraih Sanggar Puspa Kencana Budaya dengan nilai sebesar 752, dan Juara III berhasil diraih Sanggar Seni Salsabila dengan skor 745.
Sedangkan Juara Harapan I, keputusan Dewan Juri jatuh pada Sanggar Adyfa dengan nilai 738, Juara Harapan II diraih Sanggar Gatra dengan skor 730, dan Juara Harapan III diraih Sanggar Cahaya Rembulan dengan skor sebesar 720.
Dijelaskan, Ketua Dewan Juri, Syukri Ramzan, Lomba Tari Kreasi Tabut yang sebagian besar mengangkat tema peristiwa “Padang Karbala” ini, menyajikan sebuah peristiwa yang dikemas dalam seni tari. Perpaduan alunan ritmik musik Dol dan visualisasi perang Karbala yang dikolaborasi dengan gerakan-gerakan khas daerah yang estertis, menjadi daya tarik tersendiri.
Menurutnya, lomba ini selain sebagai ajang kompetisi kreasi seni tari, juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahmi para seniman dan penggiat seni di Provinsi Bengkulu. Lomba ini digelar dalam rangka pengembangan kebudayaan dan kesenian daerah.
Adapun kriteria penilaian Lomba Tari Kreasi Tabut ini meliputi penataan, penampilan dan keserasian antara tema, judul, tari dan musik.
“Untuk menjadi yang terbaik, peserta harus berhasil mensingkronkan ide, judul, sinopsis dan kesesuaian dengan gerak tari, kita ucapkan selamat kepada para pemenang,” tegasnya. (ags)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

fourteen − eleven =