Mukomuko Nobar Film G30S PKI

Mukomuko Nobar Film G30S PKI

23
BERBAGI
SENO/RBO: Masyarakat Mukomuko nontom G30S PKI

RBO, MUKOMUKO – Pro dan kontra atas usulan diputarnya kembali Film G30S PKI tidak begitu terasa di Kabupaten Mukomuko. Nonton Bareng (Nobar) yang diselenggarakan oleh TNI ini justru mendapat antusias dari masyarakat Mukomuko.
Sabtu Malam (23/9) Kodim 023 Bengkulu Utara melalui Perwira Penghubung (Pabung) Mukomuko menyelenggarakan nobar film peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia di Aula Kecamatan Kota.Terpantau ratusan masyarakat yang didominasi remaja antusias menyaksikan film tersebut.
Pabung Mukomuko, Mayor Liston Sinurat mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan instruksi Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo.
Jelas Mayor Liston, tujuannya, tidak lain untuk kembali mengajak masyarakat, khususnya generasi penerus untuk mengingat akan sejarah.
“Kita tidak boleh melupakan sejarah. Bahwa peristiwa G30S PKI itu pernah terjadi pada tahun 1965 lalu,” katanya.
Ia juga mengajak masyarakat untuk menggali referensi lain terkait sejarah gerakan PKI dimasa lampau ini.
“Film ini sebagian dari referensi. Kita harus menggali referensi lain yang akurat. Kalau sudah diingatkan kembali dengan nonton ini, mudah-mudahan terbuka bagi kita untuk mendalami sejarah apapun itu,” singkatnya.
Sementara itu, Tambrin (29) mengaku senang bisa kembali menonton film tersebut.
“Kalau masih kecil dulu masyarakat nunggu film ini setiap tahun. Waktu itu saya masih kecil,” ujarnya.
Sejak tidak lagi diputar secara serentak di televisi, ia mengaku tidak pernah lagi menonton film itu secara utuh.
“Paling cuplikannya beberapa menit saja yang saya tonton,” katanya.
Ia juga senada dengan Mayor Liston, agar film ini mengingatkan kita kepada sejarah lampau Indonesia. Menurutnya masih banyak yang harus didalami lagi.
“Kalau kita lihat kisruh di berita-berita sekarang masalah film ini, itukan mempertanyakan berapa persen kadar kebenaran film ini mendekati perisriwa sesungguhnya. Untuk itu kita perlu cari bacaan lain atau sumber lain. Acara ini gak ada salahnya,” bebernya. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

19 − fourteen =