Rp 300 Juta Dikumpulkan Warga Bengkulu untuk Rohingya

Rp 300 Juta Dikumpulkan Warga Bengkulu untuk Rohingya

9
BERBAGI
RIO/RBO: Foto BErsama Konser Amal Rohingya oleh PWM, AMM, MDMC dan Lazismu Provinsi Bengkulu

RBO, BENGKULU – Dalam rangka menggalang dana untuk muslim Rohingya, Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM), Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), Lazismu Provinsi Bengkulu dan Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) akan mengadakan konser amal peduli rohingya dan Milad Muhamamdiyah ke 108 bertempat di gedung Balai Prajurit Korem 041 Gamas Kota Bengkulu , Sabtu (23/9). Konser amal ini dihadiri oleh Plt Gubernur , Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.MA yang diwakili Kadis Sosial Provinsi Bengkulu, Dr. H. Iskandar ZO, SH, M.Si. Dalam hal ini Rohidin menyumbang dana secara pribadi 10 juta dan Kadis Sosial Rp 2,5 juta.
Konser amal ini merupakan rangkaian puncak dari aksi peduli Rohingya yang digagas oleh AMM Bengkulu serta Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Bengkulu.
Aksi Penggalangan dana ini terkumpul sekitar Rp 40 juta. Dimana aksi sebelumnya berlangsung dari 3 -23 September 2017 (20 Hari) dibeberapa posko-posko pengalangan dana terkumpul sebanyak Rp 300 juta. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua PWM Bengkulu, Dr. Syaifullah, M. Ag.
“PWM sejak tahun 1912 hingga hari ini soal-soal kemanusiaan itu prioritas. Dimana dalam penggalangan dana bagi pengungsi Muslim Rohingya untuk secara Nasional terkumul 15 Miliar. Khusus untuk Bengkulu hampir 300 Juta dan mudah-mudahan akan tembus 500 juta untuk periode pertama. Aksi penggalangan dana ini tidak terbatas,” ujar Syaifullah.
Aksi penggalangan dana bekerjasama dengan Lazismu (Lembaga Amal Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah) Provinsi Bengkulu terkumpul dana sebanyak 70 juta dan juga penggalangan dana ini dilakukan dibeberapa posko. Seperti di Kabupaten Rejang Lebong terkumpul sebanyak Rp 77 Juta, Kota Bengkulu terkumpul Rp 38 juta dan beberapa Kabupaten lainnya masih melakukan penggalangan dana, sehingga belum diketahui jumlah dana yang terkumpul. Bantuan ini nantinya akan diprioritaskan dalam bentuk sandang, pangan dan pendidikan bagi pengungsi muslim Rohingya. ‘’Hal ini merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan bagi pengungsi dalam waktu cepat,’’ ujar Sekretaris Lazismu Provinsi Bengkulu melalui Sekretaris Lazismu, Slamet Sudarmanjaya.
“Konser amal yang diprakarsi oleh AMM bekerjasama dengan Lasizmu dan MDMC melakukan aksi penggalangan dana yang mana dana terkumpul dari beberapa Posko di Kabupaten serta Kota Bengkulu. Adapun kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh pengungsi Rohingya saat ini adalah pangan, sandang dan pendidikan. Dimana bantuan nantinya dalam bentuk uang karena keterbatasan dan kondisi di pengungsian yang berkoordinasi dengan pemerintah RI dan relawan disana.
Dalam konser amal ini menghadirkan juara Hafidz Indonesia 2017, Ahmad (9 th) dan Kamil (10 th), yang berdoa setiap harinya untuk pengungsi Rohingya. Tidak hanya itu, penghafal 30 Juzz Alquran dalam kurun waktu 6,5 bulan (Kamil) dan 8,5 Bulan (Ahmad), mereka berdua menyumbangkan uang pribadi mereka dalam aksi penggalangan dana ini masing-masing 2,5 juta (total 5 juta). Hal ini merupakan bentuk kepeduliannya kepada pengungsi Muslim Rohingya.
Selain kedua Hafidz cilik ini juga menghadirkan ustad Ahmad Farhan, Tim Nasyid Salsabila Raflesia dan Habibatul Ummi, antraksi Tapak Suci Putera Muhammadiyah dan beberapa tim lainnya. Sehingga konser amal ini benar-benar menarik dan menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap pengungsi Rohingya. (Ae-4)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

15 − 10 =