KPUD BU Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2019

KPUD BU Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2019

4
BERBAGI
BRI/RBO: Komisioner KPUD BU saat Rakor Pemuktahiran Data Pemilih bersama Stakeholder

RBO, ARGA MAKMUR – Tampak aktifitas di kantor KPUD BU mulai bergerak lagi setelah kesibukan saat Pilkada BU dan Pilkada Serentak 9 Desember 2015 lalu. Kemarin KPUD BU menghelat Rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu 2019 bersama stakeholder terkait yang dilangsungkan di aula kantor setempat.
Dari pantauan jurnalis kemarin, rakor tersebut dihadiri 5 komisioner KPUD BU yang dipimpin Ketuanya DR.Rodi. Beberapa peserta rakor berasal dari unsur Pemkab BU, Bupati BU yang diwakili oleh Staf Ahli Agus, pimpinan DPRD BU hadir Waka I H.Bambang Irawan,ST.M.Hum, Ketua Panwaslu BU, dari Kesbangpol BU, dari Polres BU serta stakeholder lainnya.
Ketua KPUD BU,DR.Rodi dalam paparannya menjelaskan, yang menjadi dasar pelaksanaan Rakor pemutakhiran data Pemilih ini adalah Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2019.
Disampaikan Rodi, di BU setiap waktu seiring dengan pertumbuhan penduduk serta adanya mata pilih Pemilu sebelumnya yang sudah pindah alamat keluar BU atau meninggal dunia, maka akan terjadi perubahan data mata pilih untuk Pemilu 2019 mendatang.
‘’Adanya anggota TNI dan Polri aktif yang pada saat Pemilu nanti sudah pensiun, maka yang bersangutan sudah masuk dalam daftar pemilih,’’jelasnya. Dalam pengolahan dan penetapan data mata pilih lewat pemutakhiran data Pemilih ,memiliki alur yang secara hirarkinya. Alur ini seperti Daftar Pemilih Sementara (DPS), DPSHP, Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Kemudian DPT+ DPTb menjadi Daftar Pemilih. ‘’Kemudian alur ini akan mutakhirkan dalam Daftar Pemilih hingga beberapa kali pemutakhiran Data Pemilih sampai nanti ada DPPB1 dan DPPB2,’’ papar Rodi. (bri)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

14 + three =