Masyarakat Harapkan Jalan Pondok Kopi – SP6 Dibangun

Masyarakat Harapkan Jalan Pondok Kopi – SP6 Dibangun

10
BERBAGI
Seno/RBO: Kompak, tim kecamatan, Babinsa dan Pemdes Sinar Jaya foto bersama usai monitoring.

RBO, MUKOMUKO – Masyarakat dua desa, yakni Desa Pondok Kopi Kecamatan Teras Terunjam dan Desa Selagan Jaya, Kecamatan Kota sangat berharap jalan poros yang melintas di desanya dibangun oleh pemerintah.

Menurut Kades Selagan Jaya, Sumanto, sudah puluhan tahun jalan tersebut tidak lagi tersentuh pembangunan. Dulunya jalan tersebut sudah aspal siram. Namun karena aktifitas masyarakat selama ini sudah banyak yang rusak.

“Ya harap maklumlah mas sudah berapa tahun. Menurut kami sudah layak dibangun lagi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jalan yang kurang lebih sepanjang 15 kilo meter ini menghubungkan tiga kecamatan. Yakni Teras Terunjam, Desa Pondok Kopi, Kota Mukomuko Desa Selagan Jaya dan Air Manjuto Desa Agung Jaya.

Menurutnya, pembangunan jalan ini akan “memperpendek jarak desa-desa itu dengan Kota Mukomuko. Jika jalan ini dibangun, otomatis akses ribuan warga dari tiga desa ini akan semakin lancar.

“Kadang yang kami miris itu ketika bawak orang sakit. Padahal cuman sekitar 15 kilo ke RSUD, itu ada makan waktu setengah jam karena kondisi jalan yang rusak tadi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pihaknya pernah mengusulkan pembangunan jalan tersebut ke Pemerintah Kabupaten Mukomuko. Katanya, menurut Dinas PUPR, ruas jalan itu menjadi wewenang Provinsi.

“Sementara bagian jalan yang rusak sangat parah kami perbaiki secara swadaya, khususnya yang punya truck angkutan hasil tani kami minta untuk membawa koral menimbun jalan yang rusak,” urai Sumanto.
Dikonfirmasi ke Dinas PUPR, Kadis Apriansyah, ST melalui Kabid Bina Marga M. Yusuf, ST membenarkan, jalan tersebut merupakan ruas jalan Pemerintah Provinsi.

Sepengetahuannya, Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, tahun ini telah mengalokasikan dana untuk pembangunan jalan tersebut.

“Tapi proses pembangunannya kita kurang tahu. Memang sudah banyak permintaan masyarakat prihal pembangunan jalan itu,” katanya.

Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini melakukan peningkatan (hotmix) bada bagian jalan tersebut sepanjang 1 kilo meter.

“Satu kilo itu semuanya masih berada di Desa Agung Jaya Air Manjuto,” pungkasnya. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

one × four =