Kesehatan Itu Sangat Penting

Kesehatan Itu Sangat Penting

20
BERBAGI
Dedi/RBO: Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni S.Km, MM, M.Si saat mensyuport warga dalam memahami pentingnya kesehatan

Dinkes Prov Memicu Kesadaran Masyarakat Sumber Jaya Tidak BABS

RBO, BENGKULU – Tim Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu kemarin Rabu (27/9) melakukan sosialisasi dan simulasi pilar stop Buang Air Besar sembarangan (BABS). Kegiatan itu dilakukan di Kampung Sejahtera atau Kampung KB di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu dan diikuti oleh puluhan masyarakat setempat.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni S.Km, MM, M.Si, disela-sela kegiatan itu mengatakan, di Kota Bengkulu ini ada 7 Kampung Nelayan. Salah satunya Kampung Sejahtera di Kelurahan Sumber Jaya termasuk program yang diprioritaskan kesehatannya.
Kampung Sejahtera ini tentu memiliki permasalahan kesehatan. Terutama, mulai dari lingkungannya yang kurang layak, sarana penyediaan kesehatan yang kurang, dan di wilayah ini tidak semua masyarakatnya memiliki WC dan masih banyak masyarakat yang Buang Air Besar (BAB) sembarangan di laut dan sebagainya.
“Melalui program Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, STBM ini kita memicu kesadaran masyarakat untuk tidak BAB sembarangan lagi dan memicu kesadaran masyarakat pentingnya kesehatan,” terangnya.
Untuk memicu kesadaran masyarakat ini, kata dia, pihaknya membuat berupa permainan. Sehingga, masyarakat yang hadir di lokasi ini dapat dengan mudah memahami apa maksud dan tujuan dari pihaknya untuk melakukan program kesehatan ini.
“Kita mulai dari dampak prilaku BAB sembarang dan apa dampak bagi kesehatan mereka ari prilaku mereka BAB sembarangan yang dilakukan selama ini,”ucapnya.
Melalui program ini, pihaknya akan mengajak masyarakat agar mempunyai kesadaran kemauan dan komitmen bagaimana perubahan prilaku itu dimulai dari diri mereka sendiri dan keluarga mereka sendiri, sehingga mampu untuk tidak lagi BAB sembarangan dan berupaya untuk membanguan WC disetiap rumah mereka masing-masing.
“Sebenarnnya masyarakat kita ini memiliki kemampuan dan berdaya. Tetapi kesadarannya belum tumbuh. Oleh karena itu, kita sadarkan mereka terlebih dahulu seberapa pentingnya kesehatan bagi mereka. Mulai dari keluarga mereka sendiri setelah prilaku yang tidak baik itu mereka lakukan terus menerus. Dengan kegiatan ini kita harap mereka paham, sadar dan ingin berubah, ini yang kita harapkan,”bebernya.
Yang kebih ditekankan kepada masyarakat dalam kegiatan ini dijelaskannya, yang pertama sebisa mungkin melalui program ini masyarakat itu bisa berubah dan sadar akan prilakunya selama ini. Setelah mereka sadar, nantinya mereka juga akan nmempunyai kemauan dan kemampuan untuk berubah. Tidak BAB sembarangan lagi kedepannya. Selain dari program ini, pihaknya juga bekerja sama dengan mabes TNI untuk membangun pendidikan kesehatan di wilayah ini.
“Ya, tadi juga ada TNI dari Amerika yang datang ke sini. Nanti kita akan membentuk interferensi khusus terhadap prilaku masyarakat setempat. Selain dari itu juga pelayanan kesehatan kepada masyarakat berupa bakti sosial dan sebagainya. Sehingga warga disini dapat ditingkatkan pengetahuannya tentang kesehatan, sehingga mereka sadar pentingnya kesehatan dan bahayanya BAB sembarangan. Yang jelas kita dari Dinas Kesehatan ini lebih ke sipat memicu kesadaran masyarakat untuk tidak BAB sembarangan,”demikian tutup dia.(ide/ae2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

1 × two =