Unib Kembali Dipimpin Ridwan Nurazi//Kantongi 34 Suara

Featured Pendidikan

RBO, BENGKULU – Dr.Ridwan Nurazi,M.Sc akhirnya kembali terpilih sebagai Rektor Universitas Bengkulu (Unib-red) untuk periode 2017-2021.  Sementara itu, agenda pemilihan Rektor Unib Senin kemarin (2/10) berlangsung demokratis dan sukses dalam rapat tertutup Senat Unib di ruang rapat tiga gedung rektorat. Rapat pemilihan Rektor kemarin dihadiri sebanyak 38 anggota senat universitas dan Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristekdikti) diwakili Direktur Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Ir. Ridwan, MS yang memiliki 20 hak suara. “Masing-masing diberikan satu surat suara. Kemudian suara menteri 20 suara yang diwakilkan dengan Bapak Ridwan. Sudah kita hitung dan pas. Silakan mencoblos dan memasukkan surat suara pada kotak yang sudah disiapkan panitia,” terang Ketua Senat Unib, Ir. Nusril yang memimpin Rapat Pemilihan didampingi Sekretaris Senat, Dr. Sularsih, kemarin. Ada hal menarik sebelum prosesi pencoblosan kemarin.

Rapat senat meminta kepada tiga calon rektor untuk melakukan deklarasi pemilihan damai. Tanpa berlama-lama, ketiga calon yaitu Prof. Juanda, Prof. Sudarwan Danim dan Dr. Ridwan Nurazi maju ke hadapan senat dan serentak melakukan deklarasi. Namun kata-kata deklarasi diubah atas permintaan Prof. Sudarwan Danim. Biasanya dengan ucapan “Dengan ini kami menyatakan siap menang dan siap kalah,” menjadi “Dengan ini kami menyatakan siap menang dan siap mendukung yang menang.”

Deklarasi itu pun dilakukan secara serentak dan kompak oleh ketiganya. Untuk memberikan hak suaranya, masing-masing anggota senat dipanggil satu persatu. Pencoblosan dilakukan dalam bilik suara untuk menjaga kerahasiaan, dan kertas suara yang sudah dicoblos dimasukkan dalam kotak suara. Usai pencoblosan, pimpinan rapat meminta panitia membuka kotak suara dan kembali menghitung surat suara yang sudah dicoblos. Hasilnya pas, yaitu 58 surat suara yang merupakan penggabungan surat suara senat dan surat suara Kemenristekdikti. Tak lama berselang, proses penghitungan perolehan suara dilakukan dihadapan saksi-saksi.

Adapun hasil perhitungan suaranya yaitu, Prof. Juanda memperoleh 17 suara, Prof. Sudarwan Danim 7 suara dan Dr. Ridwan Nurazi mengantongi 34 suara. “Berdasarkan hasil pemilihan ini, maka kita menetapkan dan mengesahkan Dr. Ridwan Nurazi sebagai Rektor Unib Terpilih untuk periode 2017-2021,” tegas Ir.Nusril seraya mengetuk palu rapat senat sebanyak tiga kali. Usai menutup Rapat Senat, Ir.Nusril berharap kepada Kemenristekdikti segera melantik Dr. Ridwan Nurazi, mengingat masa berakhirnya jabatan rektor periode 2013-2017 adalah tanggal 04 Oktober 2017.

“Berita Acara hasil pemilihan dan seluruh dokumen segera kami siapkan untuk disampaikan kepada Kemenristekdikti. Pelantikan diharapkan sesuai dengan waktunya,” pungkasnya. Sekadar informasi, Rektor Incumbent Unib Ridwan Nurazi lahir di Yogyakarta pada 15 September 1960. Ia mulai mengabdi sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu sejak 1988 dan terpilih untuk pertama kali sebagai rektor di Kampus Biru Unib periode 2013-2017 dan terpilih kembali pada pemilihan rektor 2017-2021. (ags) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *