Konsumen Harus Dilindungi Negara

Ekonomi & Bisnis Featured Hukum & Kriminal Pemda Provinsi

RBO, BENGKULU – Permasalahan produk, baik itu berupa makanan atau barang acap kali merugikan konsumen, hingga diperlukan adanya perlindungan terhadap konsumen.
Selain itu, perlu juga adanya pengawasan khusus dari Pemerintah sebagai pemangku kepentingan untuk melindungi konsumen dan menindaklanjuti keluhan–keluhan konsumen.
“Amanah di dalam Undang–Undang itu sudah jelas. Negara melindungi konsumen. Negara sudah diberikan hak untuk melindungi konsumen,” terang Kadisperindagprov Lierwan.
Selain itu, menurut dia konsumen sendiri juga harus teliti dalam membeli suatu produk. Sehingga konsumen tidak dirugikan. Pengawasan negara tentunya memiliki keterbatasan waktu dan tenaga hingga perlu adanya kesadaran dari konsumen sendiri.
“Tekadang kita berbelanja tidak melihat terlebih dahulu. Asal hantam saja. Tidak sedikitpun membaca label yang tertera. Jadi masyarakat Bengkulu diharapkan menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih produk,” pintanya.
Ditambahkan, guna mengakomodir perlindungan terhadap konsumen, maka dibentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). BPSK adalah salah satu lembaga peradilan konsumen berkedudukan pada tiap Daerah Tingkat II kabupaten dan kota di seluruh Indonesia sebagaimana diatur menurut Undang-undang No.8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Ia bertugas utama menyelesaikan persengketaan konsumen di luar lembaga pengadilan umum. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *