Drainase dan Bangunan Harus Ditertibkan Segera

Drainase dan Bangunan Harus Ditertibkan Segera

BERBAGI
ELVIN YANUAR SYAHRI S.Sos

RBO,BENGKULU – Menurut Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Bengkulu, Elvin Yanuar Syahri, S.Sos, salah satu penyebab masih seringnya terjadi banjir di beberapa wilayah di Kota Bengkulu ini disebabkan masih adanya bangunan yang berdiri tak taati aturan. Aturan yang dimaksud yakni, kebanyakan para pemilik bangunan kurang memikirkan jalur air.

Selain itu, perizinan jangan diberikan kepada pengembang yang ingin membangun perumahan diwilayah rawan banjir. “Ruko, perumahan dan bahkan rumah pribadi terkadang tidak memikirkan jalur air, maka hal itu bisa saja menyebabkan terjadinya luapan air ketika hujan deras melanda. Pemerintah atau bidang SKPD  teknis harus menegur atau kedepannya lebih teliti terkait hal itu,” sampai Dia. Selain soal tata letak bangunan, Elvin juga mengatakan sebab lainnya terjadi banjir yakni karena saluran drainase yang ada sebagian besar sudah banyak mampet.

“Hal itu terjadi, bisa saja karena kurang kesadaran masyarakat yang masih saja sering membuang sampai sembarangan. Lalu, bisa jadi pula sebabnya, karena drainase yang ada sudah layak diganti,” sampainya.

[huge_it_slider id=”1″]Untuk itu, lanjut politisi Demokrat ini, pada 2018 mendatang pihak pemerintah kota harus benar -benar bisa mengatasi persoalan banjir di Kota ini. Jika tak bisa atasi sendiri, maka dia menyarankan agar pemerintah kota meminta bantuan Provinsi atau pemerintah pusat. “Semisal musibah banjir yang kerap terjadi diwilayah Tanjung Agung dan sekitarnya, persoalan yang sudah berlangsung puluhan tahun itu, mestinya sudah bisa diatasi. Tak bisa sendiri. Ya, harus sama sama kita pikirkan cara mengatasinya,” tutup Dia. (lay)