Banjir Lagi, Warga Khawatirkan Air Semakin Tinggi

Banjir Lagi, Warga Khawatirkan Air Semakin Tinggi

BERBAGI
SENO/RBO: Anak-anak berenang di luapan siring di Desa Ujung Padang Kota Mukomuko

RBO, MUKOMUKO – Hujan deras kembali melanda Kota Mukomuko. Bahkan hampir seluruh wilayah Kabupaten Mukomuko dengan durasi lebih dari satu hari. Kondisi ini menyebabkan kembalinya terjadi banjir di Dusun IV Desa Ujung Padang Kota Mukomuko.
Dusun ini setahun terakhir sudah menjadi langanan banjir. Diduga disebabkan oleh luapan air dari siring diwilayah itu.
Warga setempat, Aji (43) mengungkapkan, setiap kali hujan deras rumahnya selalu digenangi air dan hampir masuk sampai kedalam rumah. Ketinggian air diteras rumahnya sudah mencapai 5 cm.
Ia memperkirakan air ini datang dari drainase jalan yang tepat berada di belakang rumahnya (Jl. Plasma – Komplek Perkantoran Pemda Mukomuko) yang kondisinya saat ini sudah mendangkal yang mengalir deras menuju drainase depan rumahnya.
“Waktu air tiba di siring depan rumah kita air gak ngalir lancar. Karena siringnya ditutup, mau gak mau airnya meluap dan masuk kerumah saya dan rumah warga lainya. Gimana kalau hujan lagi, bisa sampai kedalam rumah banjirnya,” katanya kepada RBI kemarin.
Ia berharap kepada Pemerintah untuk membangun siring beton di dusunya itu. Menurutnya sudah layak jalan itu dibangun siring. Pasalnya, sudah kerap terjadi banjir.
“Tahun lalu disisi jalan depan rumah saya itu, tepatnya jalan tembus Sekretariat DPRD pernah digali siring, tapi belum dibeton. Akibatnya banyak pekarangan warga yang tergerus air, sehingga warga kembali menutup siring untuk menyelamat pekarangannya. Tapi kalu disemen pasti warga mau,” ujarnya.
Selain menggenangi rumah warga, air juga menggenangi jalan di wilayah itu. Ia khawatir malah membuat jalan lebih cepat rusak.
“Kami sangat berharap ada penanganan cepat dari Pemda Mukomuko. Yang lebih parah lagi genangan air ini susah surut. Karena memang gak ada alirannya. Kami takut kondisi itu menjadi bibit penyakit dilingkungan kami,” tukasnya.
Sementara itu, meskipun ujan deras kemarin hampir seharian, dari pantauan Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko syukurnya tidak mencatat adanya banjir parah di wilayah Kabupaten Mukomuko. Termasuk Desa Pondok Batu Kota Mukomuko yang rawan terjadi banjir. Hal ini diungkapkan Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko, Ramdani, SE saat dihubungi melalui telefon.

Sampai dengan berita ini diturunkan, Kota Mukomuko masih dilanda hujan. (sam)