Anggota Parpol dan Residivis Tidak Boleh Jadi PPK dan PPS

Anggota Parpol dan Residivis Tidak Boleh Jadi PPK dan PPS

37
BERBAGI

 

RBO, BENGKULU – Bagi siapapun yang berusia minimal 17 tahun, kemudian setia pada Pancasila dan UUD 1945, berintegritas jujur dan adil serta tidak menjadi anggota partai politik dalam kurun waktu lima tahun terakhir, maka berpeluang jadi penyelenggara pemilu tingkat kelurahan dan kecamatan atau PPK dan PPS.

“Jadi, sesuai syarat PKPU Nomor 12 tahun 2017, KPU Kota Bengkulu membuka pendaftaran menjadi calon PPK dan PPS seKota Bengkulu mulai tanggal 12-16 Oktober 2017. Bagi yang pernah diancam pidana penjara lima tahun atau lebih, kemudian anggota parpol, maka gak boleh untuk jadi PPK dan PPS,” ungkap Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si, kemarin (10/10).

      Selain itu dijelaskan oleh Darlinsyah, syarat lainnya untuk menjadi PPK dan PPS belum pernah menjabat dua kali sebagai anggota PPK dan PPS. “Maksudnya dua kali dalam dua periode berturut-turut. Misalnya, Pemilu pertama periode tahun 2005-2010, kemudian 2010-2015 itu berturut-turut gak bisa. Karena merujuk pada ketentuan pasal 18 ayat (3a) PKPU 12 Tahun 2017 bahwa penghitungan dua kali masa jabatan pada pemilihan tingkatan yang sama,” jelasnya.

      Sebab itu, dengan akan dibukanya pendaftaran, maka KPU Kota Bengkulu lanjut Darlinsyah akan memberi kesempatan dan peluang bagi siapapun warga masyarakat Kota Bengkulu untuk berpartisipasi. “Nanti lamarannya ditujukan ke KPU Kota Bengkulu, dan pengumumannya sudah kami sosialisasikan disetiap kecamatan hingga kelurahan,” pungkas Ketua KPU Kota Bengkulu tersebut. (idn)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

11 − eight =