Helmi Bisa Gandeng Mardiyanti, Tapi….

Helmi Bisa Gandeng Mardiyanti, Tapi….

41
BERBAGI
Helmi Hasan, SE

RBO, BENGKULU – Dari pembicaraan internal PAN mengerucut Calon Walikota dan Wakil Walikota Helmi-Mardiyanti. Sebab H Helmi Hasan saat ini dinilai calon paling kuat. Apakah berani Helmi-Mardiyanti maju bersama?
Pengamat politik dari Universitas Bengkulu Drs Azhar Marwan M.Si mengatakan Helmi berpeluang menggandeng Mardiyanti. Hanya saja perlu dilakukan pemetaan politik terlebih dahulu.
“Untuk mengusung pasangan Helmi-Mardiyanti, dimana keduanya merupakan politisi dari basis Parpol yang sama, maka diperlukan pemetaan politik serta hitung-hitungan kalkulasi politik terlebih dahulu,” ungkap Azhar Marwan, Kamis (12/10).
Dijelaskan oleh Azhar Marwan, sebetulnya untuk mengusung Paslon dalam Pilwakot PAN memiliki modal empat kursi DPRD Kota Bengkulu, untuk itu mereka butuh tiga kursi lagi agar bisa mendaftarkan calonnya ke KPU. “Sebab itu, baik PAN maupun Parpol lainnya butuh koalisi. Kini yang jadi pertanyaannya apakah ada Parpol lain yang bersedia mengusung duo kader PAN tersebut? Kemudian dari sisi figur sosok ketokohan Helmi-Mardiyanti juga perlu dipetakan, basis massa keduanya darimana? Apakah bisa mendapatkan dukungan dari nonkader. Ini harus jadi pertimbangan. Hitung-hitungan kalkulasi pemetaan politik harus jelas, jangan berjudi karena menurut saya sangat riskan dan terlalu berani jika memaksakan Paslon dari satu Parpol yang sama,” jelasnya.
Kemudian dari konstalasi peta politik Kota Bengkulu saat ini, mayoritas Parpol pemilik kursi DPRD kota ingin memajukan kadernya dalam kontestasi Pilwakot mendatang. “Parpol itu dalam bargenning positionnya, mereka cenderung sebagai apa dan dapat apa? Apakah Parpol lain itu mau hanya jadi penonton, sementara ada kader mereka yang menurut mereka pantas dan layak diberi kesempatan? Dan jika duo kader PAN yang diusung hanya akan menyempitkan dukungan, sebab diperlukan kolaborasi dengan Parpol lainnya untuk memenangkan Pilwakot tersebut,” pungkasnya.
Sebelumnya dari Wakil Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu Dempo Xler S.Ip pernah mengatakan kemungkinan mengusung Helmi-Mardiyanti masih terbuka. “Contohnya saja Pilpres saat SBY berpasangan dengan Boediono yang notabene sama-sama dari Partai Demokrat. Dan saat itu mereka dipercaya oleh rakyat,” katanya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 × five =