Rohidin: Tindak Tegas Pungli Sekecil Apapun

Rohidin: Tindak Tegas Pungli Sekecil Apapun

30
BERBAGI
Berlian/RBO Wakil-Gubernur-Rohidin-Mersyah-menyerahkan-piala-piagamhadiah-dan-uang-pembinaan-pada-Kades-Desa-Taba-Mutung-Erpan-juara-1-lomba-Evaluasi-Desa-Benteng

RBO >>  BENGKULU >>  Plt.Gubernur Bengkulu Dr.drh.H.Rohidin Mersyah,MMA menegaskan komitmen Pemprov Bengkulu guna memberantas aksi pungutan liar (pungli-red) tidak akan melihat kecil atau besarnya nilai pungli.

Hal ini guna menanggapi masalah OTT pungli oknum PNS di Dinas Kesehatan (Dinkes-red) Kabupaten Seluma belum lama ini.

“Sekecil apapun yang ditemukan, tindak tegas. Lakukan publikasi secara luas agar memiliki efek jera. Masalah pungli ini tidak bisa main-main. Dari dulu sudah kita haruskan seperti itu,” tegasnya, kemarin.

Dijelaskan, guna mengatasi masalah pungli, pihaknya meminta agar seluruh jajarannya meningkatkan kualitas layanan masyarakat.

“Tempat-tempat pungli itu sangat identik dengan layanan-layanan publik instansi pemerintah,” ulasnya.

Ditambahkan, pihaknya belum lama ini telah memetakan tujuh titik daerah yang rawan terjadinya aksi pungli dilingkungan pemerintah. Diantaranya dilingkungan Diknas, Kepegawaian, Perizinan, ditempat-tempat layanan publik, tempat dana bansos, dana hibah, dana sosial.

“Termasuk dipenyaluran dana desa, ini ada potensi pungli. Kemarin sudah kita petakan ada tujuh titik daerah yang rawan pungli dilingkungan pemerintah,” tegasnya.

“Maksud saya, ditempat-tempat ini kita harus memberikan suatu informasi secara terbuka. Itu tindakan-tindakan yang kita lakukan secara preventif,” tambahnya.

Dijelaskan dia, untuk mengantisipasi praktik pungli, pihaknya juga telah menginisiasi pembentukan Satgas diinstansi pemerintah. Seperti di unit-unit fungsional. Tujuannya agar melakukan pengawasan dan langsung menindak tegas jika ada indikasi terjadinya aksi pungli.

“Termasuk kita melakukan upaya optimalisasi dan pemberdayaan aktif seluruh aparatur internal pemerintah. Mereka ini harus kita fungsikan secara baik agar sekecil apapun pungli yang ditemukan dapat langsung melakukan tindakan tegas,” tutupnya. (ags)

 

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

4 + 20 =